Overclock VGA step by step menggunakan Rivatuner Overclock VGA step by step menggunakan Rivatuner ~ Kempor.Com Overclock VGA step by step menggunakan Rivatuner

Kebanyakan para maniac game menaikan clock CPU mereka secara manual (menggunakan bios). Sehingga kemungkinan terjadinya kegagalan sangat tinggi, hal ini dikarenakan menggunakan system trial and error. Tapi itulah yang mengasyikan dari overclock. Clear CMOS, Clear CMOS, Clear CMOS, wkwkwkwkwkwk.
Tetapi ada satu cara yang lebih simple dan anak kecilpun bisa melakukan aksi overclock secara on the fly, walaupun tanpa mengetahui dasar apa itu overclocking, fsb, core clock, memory clock, multiplier, dsb. Yaitu menggunakan software, banyak tersedia secara gratis di internet kok. GOOGLING aja.
download overclock tool disini
 

Overclock GPU memang agak sedikit berbeda dengan overclocking CPU. Saya sendiri belum pernah menaikan clock GPU secara manual, soalnya ndak tahu juga caranya. hehehehe. Sebagian besar menggunakan software, berhubung VGA saya Geforce Nvidia, makanya saya pakai software RIVATUNER. Langsung saja kita sharing masalah overclock VGA berbasis Nvidia menggunakan Rivatunner.
Bagi yang belum punya bisa di download disini.
Selesai mendownload software Rivatuner, langsung eksekusi and is "time to overclocking on the fly"

Sebelumnya jangan lupa persiapkan peralatan tempur kita
1. Rivatunner
2. 3Dmax atau software benchmark yang lain.
3. Teh anget
4. Nasi liwet

Sudah siap?
Install Rivatuner ke kompi anda, dan jalankan.


overclock vga nvidia menggunakan rivatuner

Klik customize seperti pada gambar dibawah ini, setelah muncul toolbar yang banyak ntu klik gambar system setting.

overclock vga nvidia menggunakan rivatuner
Tinggal ditarik-tarik saja sesuai keinginan, lalu benchmark menggunakan 3Dmax atau software benchmark yang lain. Cari nilai benchmark yang paling tinggi, Saya sarankan jangan terlalu besar rasio kenaikan clocknya. Dan yang perlu di ingat, overclock tidak disarankan dan tidak ada jaminan kerusakan system, software bahkan hardware anda.
So up to U...
Ur own risk..
overclock vga nvidia menggunakan rivatuner
Setelah selesai jangan lupa save settingan anda pada level clock yang aman, sehingga nanti kalau terjadi hal yang tidak di inginkan tinggal di restart dan balik ke setingan aman anda tadi.

Artikel terkait:
1. Overclock Pentium 4 3,8 Ghz
2. Mobo konslet
3. Windows error
4. Spesifikasi NVidia GeForce GTX 580


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

12 comments:

  1. lebih asyik lagi kalau di-hardmod dulu voltasenya dengan menambahkan variabel resistor.. ini kalau salah juga bisa bunuh vga.. pernah bunuh dua ekor vga harga 3 juta gara2 ini waktu mau lomba overclock dulu.. xixixii

    sebenarnya ada kok cara overclock gpu secara manual. ya nggak manual ding.. pertama dilakukan test overclock gpu dan memory dengan rivatuner seperti ini. kalau sudah dijamin stabil baru deh dilakukan flash bios vga dengan memasukkan hasil overclock gpu dan memory dan rivatuner tadi.. enaknya sih itu nilai core clock gpu dan clock memory bakal permanen. beda dengan rivatuner yang hanya sementara (bisa dinormalkan lagi dengan mudah). tapi kalau nggak hati-hati bisa mati total.. xixixii..

    BalasHapus
  2. maksih mas komentnya sangat bagus,

    Saya sendiri blum pernah ikut lomba overclock, soalnya ya ndak punya temen se hobi gitu. Software ini aja dikasih mas e dari PLACIDO Solo.

    wuis harmod ntu apa lagi, dari kata katanya kayaknya moding hardware ya? kalo aq dah coba nie "hardmod" PSU model lama jadi sangar, juga dapet dari temen temen placido.

    kalao flash bios caranya gimana tuh? bios saya nsak ada yang buat ngganti clock gpu, kapan kapan di share ya!!!

    BalasHapus
  3. heng? kenal sama pak cuk placido? itu dulu temen sekaligus kompetitor lomba overclock. sekarang sih sepertinya udah jarang lagi ada lomba. saya juga udah mulai meninggalkan "dunia sesat" itu.. hahaha..

    BalasHapus
  4. terkenal juga ya pak icuk.., wkwkwkwk.
    pernah juara ya beliau?

    saya sih kenal mas, tapi beliaunya mungkin yang ndak kenal sama saya. Soalnya saya cuman sebatas konsumen di tempatnya, hahahaha. Tapi keren juga sih tempatnya, cuman rada kumuh, wkwkwkwk.

    BalasHapus
  5. ya beliau pernah juara beberapa kali.. beliau ini agak unik karakteristiknya. menang kalau lombanya menggunakan hardware-hardware kelas rendah (low end). tapi kalau menggunakan hardware-hardware high end nggak pernah menang.. xixixii.. *malah ngegosip*

    salam aja buat pak cuk kalo ketemu, dari tyo (jogja). saya udah lama banget nggak ketemu dan nggak kontak. mungkin udah 1,5 tahunan.. :D

    BalasHapus
  6. wah wah, iya mas tyo..
    soale mukane kan yo jadul, wkwkwk (moga aja yg di gosipin ndak baca)

    Ya nanti kalau di Solo tak sampaiin salamnya (kalau sempet)

    BalasHapus
  7. kok force ware saya gk ke detect ,bantu dong,pliss !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, maksdunya kepriben nih?
      ane nggak paham :p

      Hapus
  8. gk ada tulisan foreware detect adanya catalyst detect trs gk ada costomize gimana nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dunlun rivatuner yang terbaru gan :D
      ini dah lama soale :p

      Hapus