Pesona Alam Gunung Papandayan nan Indah Pesona Alam Gunung Papandayan nan Indah ~ Kempor.Com Pesona Alam Gunung Papandayan nan Indah

Minggu, 24 Juli 2011

gunung papandayanPapandayan, sebuah gunung yang tidak terlalu tinggi tetapi cukup menantang. Dari pesona kawah putihnya, sampai keindahan alam nan asri. Gunung yang mempunyai ketinggian 2700mdpl ini terletak di daerah Garut, JABAR. akses menuju lokasi juga relatif mudah. Setelah sampai terminal Garut, anda bisa naik angkot jurusan Cisurupan cukup dengan Rp 5000,00 saja. Tetapi anda harus sabar, karena angkot di Garut lumayan lama.



Setelah sampai di Cisurupan, anda bisa naik ojek atau angkutan umum ke pintu masuk papandayan dengan biaya seitar 10-20 ribu rupiah. Atau alternatif lain jalan kaki dengan jarak sekitar 11 km dan dengan medan lumayan, waktu tempuh untuk jalan santai sekitar 3 jam. Di perjalanan anda akan melihat berbagai aktifitas penduduk, dan hati hati dengan sebagian warga yang berkelakuan kurang baik karena gunung papandayan merupakan salah satu tempat wisata maka jangan anda samakan dengan gunung-gunung yang lain seperti Gunung Semeru ataupun Gunung Rinjani (padahal belum pernah kesana, wkwkwkwk) yang mayoritas penduduknya tidak materialistis.



gunung papandayan

tempat parkir yang luas
Sesampainya di atas anda bisa membayar tiket Rp.2000,00/orang untuk memasuki wilayah papandayan. Di sini anda bisa memarkir sepeda motor, mobil, ataupun bus dengan aman dan yang jelas parkirannya cukup luas apabila anda membawa beberapa mobil ataupun bus. Waktu yang di butuhkan untuk menuju ke kawah putih sekitar  10-15 menit dengan jalan kaki. Dan yang perlu di ingat jangan lupa bawa masker ataupun slayer, soalnya disini terdapat belerang yang bau banget seperti kentutnya "butho" abis makan telur busuk.

 gunung papandayan
 perjalanan ke kawah putih


Setelah melewati kawah putih, mata anda akan di manjakan dengan hijaunya daun daun dan pemandangan yang sangat luas selama perjalanan ke "pondok selada". Waktu yang di  butuhkan sekitar 20 menit apabila sudah paham jalurnya, hehehehe. Di area ini terdapat mata air yang cukup untuk kebutuhan sehari hari, dan sangat cocok untuk ngecamp di karenakan posisi yang strategis untuk mendaki ke puncak, aman, jauh dari angin dan yang jelas sumber air bersih. Perjalan dari "pondok selada" sampai puncak membutuhkan waktu sektar 2 - 2,5 jam, dengan medan yang lumayan. Mata anda akan di manjakan dengan "bunga abadi" edelwhes di samping kanan dan kiri selama perjalanan. Anda juga akan melihat sisa pohon pohon yang terbakar yang kelihatan abstrak di atas pasir yang putih. 

gunung papandayan
kayak di gunung es saja, wkwkwkwkwk

Keindahan Papandayan memang sudah terkotori dengan aktiftas penduduk yang tiap hari bolak balik Garut - Bandung melewati gunung ini, bekas ban motor dan banyak sampah para pendaki yang tak bertanggung jawab. Tetapi banyak juga tempat yang masih natural, alami, seperti airnya, sungai, maupun kawah putih nan indah yang tidak mungkin anda temui di kota-kota. Dan yang terakhir jangan lupa beli oleh-oleh ya...., entah itu kalung ataupun gelang itung - itung buat mbantu penduduk disana (sok sosial gitu...) eheheheh.
Seperti biasanya, walaupun telat ceritanya yang penting heppy.

gunung papandayan
Ijo royo royo


 gunung papandayan
 sisa-sisa hutan yang terbakar


 gunung papandayan 
aliran sungai yang masih alami dan jernih 


gunung papandayan 
bunga abadi (edelweiss)


gunung papandayan
asap belerang yang sangat amat bau sekali, jangan lupa pakai slayer..


gunung papandayan 
foto narsis gapapalah, hehehe


gunung papandayan 
makanya pakai pelampung biar ndak tenggelam




gunung papandayan
Vandalisme para pendaki gunung (jangan di tiru)


gunung papandayan
kalung dan gelang oleh oleh dari papandayan

thanks for tuqunk n lalent atas "piknik"nya, dan juga gomloh, penthol n thobil buat headlamp + kompornya (qiqiqiqii).

"turut berdukacita buat sobatku koplo"


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

6 comments:

  1. cantiknya alir sungai tu..

    jernih sekali..;-)

    BalasHapus
  2. iya dunk,,,,

    INDONESIA tercinta..

    di Malaysia ada ndak?
    hehehe.

    peace..

    BalasHapus
  3. eeh edelweisnya oleh diambil ora kuwi mas :D

    sampek papandayan rek, aku ae urung tau nandi2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, abis sampek bwah ntar balikin lagi ke atas tapi :p
      oke? :p

      yang udah mpe sidoarjo rek..

      Hapus

Mohon tulis nama asli/panggilan/lapangan/panggung/pena etc.
No keyword, No spam, ataupun hal-hal yang jelas.

Terima kasih sudah comment.