Thermodinamika, Bagian Bagian dari Sistem Refrijerasi Thermodinamika, Bagian Bagian dari Sistem Refrijerasi ~ Kempor.Com Thermodinamika, Bagian Bagian dari Sistem Refrijerasi

cara kerja sistem refrijerasi
Refigeration working principle is to move heat from one place to another, its components including condensers, compressors, expansion valve and evaporator

Kemarin hari rabu, sehabis kuis Thermodinamika dengan tidak tahu malu kami di ajak ke laboratorium pendingin oleh pak dosen, disana ternyata kami di jelaskan beberapa prinsip kerja dari refrigerasi. Apakah refrigerasi itu? Kalau aplikasinya di kehidupan sehari hari contohnya AC, kulkas, frezzer, pokoknya yang mendinginkan sesuataulah, bisa ruangan atau tempat. Dan pada kesempatan kali ini saya akan sharing beberapa foto yang saya ambil saat waktu main main kemarin, dan sedikit saya beri penjelasan.

Bagian bagian sistem refrigerasi :

1. Kompresor


cara kerja kompresor pada AC

Berguna untuk mengkompresi refrigerant (kalau orang awan akrab dengan merk freon, NH3, metana, propana), sehingga temperatur naik dan tekanan naik. Selanjutnya refrigerant disalurkan ke kondenser.

2. Kondenser

cara kerja kondenser pada AC

Bagian ini berfungsi untuk membuang panas yang diserap oleh evaporator, anda akan sering melihatnya pada sistem pendingin ruangan tetapi yang berada di luar ruangan, kalau yang di dalam tersebut namanya evaporator.

3. Katup ekspansi

jenis jenis katup ekspansi


Katup ekspansi memiliki banyak jenis, kalau pada gambar ada 4 jenis (turbin juga merupakan katup ekspansi). Pada bagian ini merupakan bagian penting dari system refrigerasi. Saat melewati kondenser, refrigerant dalam keadaan bertekanan tinggi dan panas yang tersimpan sudah terbuang saat di kondenser. Saat melewati katup ekspansi, maka tekanan akan ngedrop, sehingga temperatur akan menurun hingga minus derajat celsius, bisa dilihat pada pipa tembaga yang berwarna putih, itu bukanlah cat atau kapas, tetapi udara disekitar pipa yang bersuhu lebih tinggi dan mengandung uap air mengalami perubahan wujud menjadi padat (es)

3. Evaporator

cara kerja evaporator


Nah yang satu ini pasti teman teman sering lihat, biasanya kalian lihat di pendingin ruangan (AC) bagian dalam, kalau yang bagian luar namanya kondenser. Evaporator berfungsi untuk menyerap kalor yang ada pada ruangan, biasanya evaporator dilengkapi dengan kipas, sehingga suhu dingin yang berada pada evaporator bisa tersalurkan sempurna ke ruangan. Otomatis ruangan akan menjadi lebih dingin.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments: