Pengalaman Pertama Masuk Goa Njomblang, Gunung Kidul Pengalaman Pertama Masuk Goa Njomblang, Gunung Kidul ~ Kempor.Com Pengalaman Pertama Masuk Goa Njomblang, Gunung Kidul

Minggu, 06 November 2011

Pengen rasanya kembali kemasa yang dahulu, masa yang bebas tak ada beban, masa dimana kreatifitas sangat berkembang. Sempat tadi jalan jalan ke blog teman teman, baik yang dari Indonesia ataupun Malaysia. Memang sepertinya tepat sekali waktunya buat cerita masa lalu. Dari blog walking tadi banyak yang menceritakan kisahnya di waktu kecil, saat masih SD, saat masih SMA, pokoknya pada kangen sama masa masa sekolahnya dulu lah. Kalau saya tidak kangen sama SD, SMP, atau SMK, Saya kangen pengen masuk gua lagi, sudah sekitar 2 bulan saya tidak masuk gua. rasanya kangen banget.

Teringat pengalaman pertama dulu masuk gua di Gunung Kidul, tepatnya di Gua Njomblang, itu loh gua yang sering muncul di TV. Sebelum masuk gua (atau sering disebut dengan caving) kami sudah ada persiapan latihan kira kira 1 bulan lebih, dari basic pengenalan alat, teknik penelusuran dan latihan SRT (single rope technic). Caving merupakan olahraga outdoor pertama yang saya pelajari sebelum naik gunung ataupun panjat tebing, jadi dalam pelaksanaanya saya agak grogi. Tidak tanggung tanggung, saya di pilih menjadi Rigging Man (orang yang membuat lintasan), merupakan posisi terhotmat tetapi juga sangat berat karena apabila salah pasang nyawa saya dan teman akan dipertaruhkan (lebay ah).


Sudah ah serem seremannya, caving merupakan olahraga yang asyik, siapa yang suka dengan ketenangan, ketinggian, dan gelap abadi, maka pantaslah kalau dicoba. Setelah lintasan semua selesai, kami yang berjumlah 8 orang dan ditambah senior menuruti lintasan, cukup grogi juga tetapi memang sudah jodoh sama caving jadi semua berjalan lancar sampai dibawah (bottom). selain masuk gua, kami juga diberi tugas memetakan gua njomblang tersebut. Sudah gelap, basah, becek ndak ada ojek, masih disuruh ngambil data pemetaan, memang pengalaman yang sangat berkesan.

Setelah sampai dibawah kami dimanjakan dengan pemandangan yang tidak anda temui jka anda bukan seorang caver. Sorotan cahaya seperti menembus langit, aliran sungai bawah tanah gua njomblang yang jernih dan deras. Pokoknya yahud deh, sebagai penutup saya kasih beberapa foto jepretan temen saya yang tidak begitu baguslah. Yang penting bisa menggambarkan indahnya Gua njomblang, sepertinya masih banyak yang ingin saya ceritakan, tetapi memang waktu tidak mendukung, saya sambung kapan kapan saja ya..


Cave photography


Cave photography

Eh iya tadi sempet jalan jalan di blognya Sitti Rasuna Wibawa, sekalian ikutan kontes saja ah, sapa tahu dapet buku gartis? Bagi yang mau dapet buku gratis silahkan klik bannernya saja dan mulailah menulis agar otak kamu ndak beku.

Photobucket


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

42 comments:

  1. Pengen ih caving gitu, itu kostumnya, bootnya gitu-gitu punya sendiri mas? Baru tau ada gua apik di GK, hehe padahal aku orang Jogja :(

    Terimakasih mass segera kucatat mas letheg, eh rivai~

    BalasHapus
  2. ealah, wong jogja toh.
    akeh banget guo ne GK kui.
    ndeso!!!
    hmmm.

    liburan mlebu guo karo aq wae, tapi latihan sik yoh.
    hahahaha :p

    BalasHapus
  3. iya om sapa tadi (sang cerpenis)

    ndak serem kok, indah tepatnya, coba lihat postingan saya yang kemarin mengenai caving. pasti terpesona dengan keindahan goa dan sungai bawah tanah.
    hahahahaha.

    BalasHapus
  4. ealah..

    udah gedhe masih manggil ibu.
    hmm dasar.

    BalasHapus
  5. He? Udah gede? Aku masih belasan lho mas~ lalalala

    BalasHapus
  6. masak?

    pantez mukane koyo cah cilik, potone sok kiut kiut mbecucut..
    wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  7. wuakaakka.... siaaaalannn.. kirain saya, situ mau kembali masuk rahim lagi. wkaakaka #abaikan

    BalasHapus
  8. bisa aja kau bulu kumba.
    hahahahaha.

    BalasHapus
  9. pengeeeen nyoba :D kayaknya kok seru ya :D mas-nya ikut organisasi gitu ya ?

    BalasHapus
  10. iya mbak..

    tapi dulu.
    sekarang mah dah kuliah di sby, jadi kadang kadang aja begituannya.

    BalasHapus
  11. Kunjungan malam. O ya, jangan lupa follow back ya? Saya sudah jadi follower #157 thanks :)

    BalasHapus
  12. saya jadi inget waktu sma pernah menjelajah gua. namanya gua mimpi. lokasinya di bantimurung, maros -- sulsel.
    wooww bener2 unforgetable. tapi kalo sekarang disuruh caving kayaknya bakalan geleng kepala deh saya ... :))
    btw, itu guanya bener2 keren ya, keliatan dari foto2nya...
    subhanallah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gua mimpi?
      baru denger?
      kalo di maros setau q LEang Pute ato Luweng Pute gitu.
      pengen kesana tapi belum ada ekspedisi kesana,

      GUa emang keren *loh..
      ahihihihihihi.

      Hapus
  13. semoga bisa kesampaian ke gua jomblang

    BalasHapus
  14. Cantiknya gunungkidul

    BalasHapus
    Balasan
    1. cantiklah, tapi cantikan kamu kok :p

      Hapus
  15. kalau melihat goa seperti itu di bayar suruh masuk sendirian saya ndak mau, hemm atuutt...

    BalasHapus
  16. kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnn...gokil gila..gua nya..hehhehe salam kenal ya teman

    BalasHapus
  17. goanya apikhhhhh.....teopebegete dueh !!!

    BalasHapus
  18. foto2nya keren2.. tapi aq kok masih takut masuk2 goa gitu ya?? hehe *dasar penakut*

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha, lhah kok takut?
      enak loh masuk gua :D

      Hapus
  19. waah pengalamannya menarik menarik gan,, maaf saya hanya membaca sekilas dan lihat2 foto saja,,
    pasti menyenangkan bisa berpetualang bareng teman2,,
    saya dulu juga pernah masuk gua mbolotok di blitar,, bagian dalam guanya juga bagus, tapi sayang fasilitasnya kurang dirawat, kebanyakan sudah rusak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh yang di blitar bua wisata ya om?
      kalo yang ini belum buat wisata, tapi sepertinya memang lagi di buat wisata dink :D

      Hapus
  20. beeeh pokoknya setiap kali liat info blogmu selalu membuatku menghayal tinkat dewa ( pengen berkunjung kesana ) wkwkwkwkw... jadi ke inget waktu mau masuk salah satu goa di alas purwo banyuwangi hiiiii serem n takuuuut cz gag ada alat gag ada pelatihan ga ada apa-apa hanya seperti biasa bondo nekat dan alhamdulillah selamat waktu menerobos goa ... hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha, dasar bonex :p

      ayo mbak, masuk gua lagi :D

      Hapus
    2. ckckckkckcck... ternyata mau masuk gua harus ada pelatihan khsus yaaa waah kursus ke kamu bayar barapa ya kira-kira hehehe..kapan-kapan berkunjungo ke purwo yaaa seruuu n serem loh :p.... tapi ojok bonex ya ...... :)

      Hapus
    3. wahahaha, gratis dong :p

      purwo mana? banyuwangi toh? :D

      Hapus

Mohon tulis nama asli/panggilan/lapangan/panggung/pena etc.
No keyword, No spam, ataupun hal-hal yang jelas.

Terima kasih sudah comment.