Saya Seorang Blogger? Saya Seorang Blogger? ~ Kempor.Com Saya Seorang Blogger?

Kamis, 24 November 2011

Saya Seorang Blogger?, Bingung ngasih judul apa, cuman pengen update doank 

Lama banget tidak membahas masalah blogging, merawat sebuah blog memang susah susah gampang. Apabila traffic blog sudah tinggi pasti ngerasa gampang, tetapi kalau traffic cuman naik turun naik turun seperti blog saya ini pastilah merasa sangat susah merawat sebuah blog itu. Dari belajar mendaftar blogger pertama kali dulu di perpustakaan ATW Solo (gratisan), sampai di bela belain beli wifi adapter buat ngenet di sekre ATWAPALA tercinta. Kalau di ingat ingat sudah lama juga saya corat coret ndak jelas, kopi paste ndak pakai ijin, ndak kerasa sudah 3 tahun ngeblog. Yang dulu hanya coba coba, sekarang menjadi rasa ketagihan untuk menulis, walaupun belum mahir tetapi inilah yang namanya belajar. Dari bawah dan tidak tahu apa apa menjadi lebih tahu kalau kita tidak tahu apa apa.

Teringat pertama kali melihat kode html pada template blog standar kepala ini rasanya pusing, apa juga itu html, java script, tulisan cacing ndak jelas (maklum saya anak mesin, jadi ya ndak paham begituan). Akhirnya saya mencari beberapa referensi dari perpustakaan di bagian elektro, buku pertama yang saya kopi dari perpus yaitu INTERNET HOME SITE DAN HTML karangan Ahmad Bustami, sedikit membaca-baca dan beberapa kali praktek akhirnya saya terjerumus kedalam lingkaran bahasa ndak jelas ini.


Setelah sedikit paham masalah HTML saya lanjutkan dengan meminjam buku masalah CSS dan javascript, kalau bagian ini saya agak susah memahami karena saya 100 persen otodidak. Akhirnya saya browsing browsing di internet buat referensi tambahan masalah CSS ini. Percobaan pertama yang saya lakukan yaitu mengedit tampilan FRIENDSTER (jadul), karena saya masih ragu dalam mengedit template blog. Waktu itu alamat blog saya bukan LETHEG ini, ada dech pokoknya dan sekarang masih saya rawat walaupun jarang update.

Dari situlah saya mulai penasaran dengan yang namanya HTML, CSS, dan javascript. Disela sela mencari buku referensi tadi saya menemukan beberapa buku yang seharusnya tidak saya baca. Buku tersebut adalah karangan Harianto Ruslim berjudul "HACK ATACK". Dan akhirnya keinginan saya mempelajari blog mulai pudar, buyar dan malas gara gara membaca buku tersebut. Saya beralih mempelajari bahasa pemrograman berbasis web, saya pinjam semua buku yang ada di perpus, SQL, PHP, PERL, PYTHON, pokoknya semua yang berhubungan dengan website. Setelah membaca buku terbitan Jasakom di atas, motivasi di dunia keamanan jaringan mulai tumbuh.

Setelah membaca semua buku masalah bahasa pemrograman, WEB HACKING karangan Stuart MacClure, dan berbagai ebook bahasa inggris lainnya, baru nyadar saya merasa terlalu muluk muluk. Bagaimana bisa mempelajari bahasa pemrograman kalau HTML saja ndak paham.

Saya buka buku HTML dan CSS yang sudah banyak debu itu, saya sempatkan mengedit ngedit template blog saya walaupun hanya menambah widget dan warna tulisan. Kalau dulu sih masih manual ndak seperti sekarang tinggal klik warna sudah ganti sendiri. Lama kelamaan akhirnya seneng juga lihat tulisan dan tag ndak jelas ini. Kalau yang sudah follow blog saya sejak tahun 2009 dulu pasti sudah ndak kaget kalau selalu gonta ganti tampilan walaupun hanya gambar headernya, hahahaha.

Tetapi baru kemarin kemarin ini saya beranikan mengubah bahkan menghapus header yang tak ada fungsinya itu. Agar dilihat lebih simple dan ringkas saja, tidak tahu apakah ada pengaruhnya dengan visitor yang penting simple. Ndak tahu kenapa loadingnya jadi berat banget setelah saya hapus headernya dan saya percantik dengan menu menu ala vista di atas.


Masa bodoh lah masalah loading, sudah mentok ndak tahu harus bagaimana lagi soalnya template belum saya back up juga. Dengan bekal kalkulator dan penggaris saya ukur dilayar monitor berapa lebar masing masing kolom. Memang begitulah cara yang saya lakukan untuk mengukur dan mengubah template, tinggal dimasukan kedalam kalkulator dan dibandingkan pixel di template, tinggal pencet sama dengan keluar deh berapa pixel. hehehehe.

Kalau tetangga sebelah nengok pasti bingung, nie anak lagi stres atau kurang makan, monitor kok di ukar ukur wae. Hahahaha, 

Dari dunia blogging juga saya mengenal banyak karakter dari anak anak, muda mudi, bapak bapak dan ibu ibu, semuanya, yang jelek, ganteng (Saya contohnya), sampai yang cantik cantik (bikin pengen aja). Dari blogging juga saya lebih terbuka ke semua orang (hitung hitung latian pidato), pertama posting dulu memang amburadul bahasanya, alur ceritanya(sekarang juga  masih), dan pengunjungnya paling sehari 10 orang itu saja temen sudah pada kenal.

Alhamdulillah sekarang sudah mendingan, baru saja kemarin sudah menginjak 100/day tetapi itu belum cukup soalnya untuk menjadi publisher musti 1000/day, hahahahaha.. Makanya saya sekarang masih gencar gencarnya nyari di google masalah cara menaikan visitor dan page rank dengan cepat.

Udah dulu ya, Makasih semua teman teman blogger yang sudah berkenan berkunjung dan berkomentar, ayo kopdar, tapi yang gratisan ya? Hahahaha.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

16 comments:

  1. ayo semangat teruzz ngeblognya...:)

    BalasHapus
  2. hahaha, mumpung belum ujian di banyakin postingan. wkwkwkwk.

    BalasHapus
  3. hora opo?

    hora ndwe duit kie...
    asemb

    BalasHapus
  4. kuliah sik.
    turu bar jumatan.

    BalasHapus
  5. Buset deh balesnya cepet amat.
    Adus mas...

    BalasHapus
  6. yow nuw.
    mumpung admin e sih turu dadi internete wuz wuz.

    rasah dikon lak yo adus dewe

    BalasHapus
  7. Saya juga seneng nge-blog dan juga otodidak. Namun belajarnya gak lewat buku perpus masalahnya di sawah gak ono perpus sing ono tikus, Kang (maklum CahNdeso..xixixixi). Sampai hari ini saya gak ngerti CSS, javascript atau HTML. Ben..pokoke ngeblog = menulis di blog.
    By the way, sangking demen panjenengan, aku langsung follow #86 (CahNdeso), yen kerso sumonggo ditampi, menawi sudi nyuwun tolong di follow bali, Kang.. matursuwun

    BalasHapus
  8. weladalah siap 86 om, ganti.

    bisa di copy, langsung meluncur ke TKP,

    garuk garuk garuk garuk garuk garuk!!!!!

    BalasHapus
  9. @ Ngeblog memang bikin kita jadi kehilangan waktu, namun dapat menambah ilmu dan lebih positif dibanding bila kita jadi tukang gossip... Plus one-sampean tak penceti, loh, Gus...

    BalasHapus
  10. yang jelas jadi sering bedagang, eh begadang.

    msksdih dah di tambahin.
    yang kanan kiri ntu di klik juga boleh, wkwkwkwk.

    BalasHapus
  11. semangat ngeblog, nambah ilmu dan info dari yang lain..

    BalasHapus
  12. iya pak tiyo, trimakasih dah berkenan mampir ke blog saya yang jelek ini.

    BalasHapus

Mohon tulis nama asli/panggilan/lapangan/panggung/pena etc.
No keyword, No spam, ataupun hal-hal yang jelas.

Terima kasih sudah comment.