Memperbaiki Cylinder Head Vespa sprint tahun 78 Memperbaiki Cylinder Head Vespa sprint tahun 78 ~ Kempor.Com Memperbaiki Cylinder Head Vespa sprint tahun 78

Jumat, 02 Desember 2011

Memperbaiki ulir busi yang rusak

Dari judul Memperbaiki Cylinder Head Vespa di atas, sudah jelas saya mau membahas apa. Iya, tentang vespa saya yang kemarin sempat ngambek , akhirnya kemarin siang saya bongkar semua, dari karburator sampai cylinder headnya. Setelah karburator saya bersihkan saya bongkar tuh kop nya, soalnya ulir pada businya udah dol, jadi kalo dikencengin ndak bisa (muter terus) akibatnya ya kompresi nya menurun. Dan secara langsung berpengaruh pada tenaga si kuda besi, hehehehe. Selain itu efisiensi nya juga berkurang karena semakin tinggi rasio kompresi akan meningkatkan efisiensi dari suatu motor bakar, baik bensin atau diesel.


Efisiensi suatu motor bakar akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar, nah kalau kompresinya bocor secara tidak langsung akan berpengaruh sama isi kantong saya nie, hehehehe.

Makanya kemarin saya perbaiki biar kompresinya ndak hilang dan ndak ngambek lagi  tuh si Vespi.

Bagi yang mengalami kasus seperti saya yaitu ulir busi yang dol, baik vespa, motor bebek, motor laki, motor matic, mobil, truck dan semua yang ada ulir businya, akan saya bagi bagi tips cara memperbaiki ulir busi yang rusak.



Pertama saya tanya dulu, mau cara hemat atau yang irit? Soalnya kemarin saya pergi ke bengkel vespa bukannya di sambut baik dengan senyum oleh pemilik bengkel, eh malah di bentak bentak pakai logat jawa timur. Katanya si pemilik bengkel mereka ndak bisa mbenerin tuh cylinder headnya Vespi, trus sambil mbentak mbentak gitu suruh ganti baru saja cuman 100 ribu.

Dasar Ibu jelek, udah mbentak mbentak suruh beli baru lagi, mana uang saya mepet lagi. Untung ada bapak bapak baik hati yang lagi belanja di bengkel daerah terminal Bratang ntu. Beliau ngasih saran "di las ke wae mas, trus di drat ke maneh paling ntek 25 ewu". Kalau bahasa Indonesianya "di las aja mas, trus di buatin ulir lagi paling habis 25 ribu". Harga mahasiswa baget tuh, langsung cabut ke tempat "Las Diral" yang disarankan bapak tadi.

Ternyata ndak lebih dari setengah jam udah jadi tuh cylinder headnya, hehehe cuman habis 30 ribu duank. Dari pada beli baru 100 ribu dan ke orisinilan vespa saya terenggut, mendingan bayar 30 ribu dan keorisinilan vespa saya masih terjaga. Tetapi ada sisi negatifnya yaitu karena semua dikerjakan secara manual maka hasilnya kurang maksimal dan tidak halus (yang penting sudah ndak dol lagi). Sampai kos saya halusin lagi pakai gerenda milik temen, dan jadi deh..

Nie sedikit foto cylinder head si Vespi, maklum fotonya jelek bukan karena yang ngambil foto jelek tetapi karena kameranya pake HP SE W700i yang sudah jadul ntu.

Memperbaiki Cylinder Head Vespa sprint


Memperbaiki busi yang dol


Memperbaiki ulir busi yang rusak


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

23 comments:

  1. lagi wae online kok, ge nggarap tugas, bar iki lak yo turu dewe

    BalasHapus
  2. Thank you for entering the book giveaway. I'm sorry you did not win.
    Blessings for a happy, safe holiday season.
    Robyn

    BalasHapus
  3. perasaan dak ikut GA???
    apa salah translate ya...

    BalasHapus
  4. hii salam kenal iya dari vira .. :)
    jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
    wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....
    SALAM BLOGER INDONESIA..:)

    BalasHapus
  5. hiya vira..

    langsung meluncur ke TKP.

    jangan lupa follow ya...

    BalasHapus
  6. vespa memang banyak masalahnya sob :D huahahah tyapi keren!

    BalasHapus
  7. iya bro.
    ada yang bilang kalau ndak mogok berarti bukan vespa..
    hahahah

    BalasHapus
  8. antik nih ,pelangi ada jugak naik moto vespa masa form four dulu

    BalasHapus
  9. hah?
    masa form four?
    maksudnya gmna nie?

    BalasHapus
  10. iya bro..

    besok mau ke malang bro..
    mampir boleh ndak nie..?

    BalasHapus
  11. Temenku bilang : vespa klo mogok dan di dorong mesinnya bisa hidup berarti gak rusak ... bener gak sih

    BalasHapus
  12. jiah.
    ya kalo vespa ntu ndak ada yang rusak.
    paliing mogok.

    kalo didorong ndak idup bukan berarti rusak juga kali..

    BalasHapus
  13. halah halah,,,ambune ne abak mu ki looo.mbok yaaaho kemu ngonolo.

    BalasHapus
  14. kalo di daerahku ada komunitas Vespa rewo rewo, Boy.
    vespane dimodif, kasih tanduk kerbau, kaleng2, rantai, dll. Penampilane kayak anak Rasta ngono lah... keren loh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di solo namanya Rosok Mlaku bro..
      hahaha.

      ngrusak pemandangan

      Hapus
  15. Thanks bang langsung di coba tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mbah.
      beli baru aja mbah biar sip.

      Hapus
  16. Vespa saudara saya juga sering rusak itunya kang :D

    makasih ya kang infonya nanti saya coba di vespa saudara saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Pak,
      kalau ada duit mending beli baru aja,
      Saran sih,

      Hapus

Mohon tulis nama asli/panggilan/lapangan/panggung/pena etc.
No keyword, No spam, ataupun hal-hal yang jelas.

Terima kasih sudah comment.