Cara Memilih Sepatu Tracking Cara Memilih Sepatu Tracking ~ Kempor.Com Cara Memilih Sepatu Tracking

Setelah kemarin saya sedikit sharing masalah memilih sepatu gunung dilihat dari sol nya, sekarang saya akan melanjutkan faktor lain dalam pemilihan sepatu tracking ini. Kembali kemasalah yang kemarin saya bahas, "tujuan membeli sepatu". Nah karena kita sedang membahas masalah sepatu gunung, maka tujuan kita membeli sepatu gunung ya buat naik gunung. Selain memilih sepatu gunung dilihat dari sol nya, ada beberap hal yang perlu kita perhatikan lagi, antara lain.

1. Bahan.

Bahan merupakan komponen terpenting dari suatu produk, itu sudah jelas bagi kita semua. Produk A dengan kualitas bahan yang lebih baik dari pada produk B pastilah lebih mahal. Nah bahan yang terbaik buat sepatu gunung yaitu "kulit". Sepatu gunung yang terbuat dari kulit lebih kuat dan yang jelas lebih hangat jika di pakai naik gunung.

Tetapi sepatu yang berbahan dari kulit memiliki beberapa kekurangan seperti mudah pengap dan mudah pecah jika perawatan salah. Sehingga sekarang berkembang sepatu sepatu tracking berbahan kulit sintetis yang memiliki teknologi cangggih, entah itu hanya slogan atau beneran. Seperti sirkulasi udara pada sepatu yang meminimalisir kepengapan didalam sepatu. Teknologi peredam (damping), sehingga bisa mengurangi hentakan sehingga jalan serasa tanpa goncangan (ahihihihihihi). Dan yang paling banyak kita jumpai yaitu teknologi anti air (waterproof), fungsinya yaitu menjaga kaki kita tetap kering walaupun sepatu kita kehujan bahkan tercelup didalam air.

Jenis bahan sepatu gunung yang perlu dihindari yaitu karet dan kanvas. Walaupun bisa di bilang lebih ringan jika dibandingkan sepatu kulit, tetapi sepatu berbahan kanvas ataupun karet tidak begitu melindungi kaki dan cenderung mudah sobek.

2. Tipe Sepatu

Selanjutnya tidak kalah penting yaitu bentuk dari sepatu tersebut. Saya beri contoh memilih sepatu gunung dari bentuknya, perlu di ingat "sepatu gunung", bukan sepatu badminton atau sepatu volly.
memilih sepatu gunung
Sepatu high cut

Sepatu tracking diatas memiliki bentuk yang standar, kalau bisa dibilang "high cut"(sepatu dengan mata kaki tertutup sepenuhnya). Fungsinya yaitu melindungi mata kaki dan sebagai pendukung kaki jika kita membawa beban  yang berlebih. Terdapat empat buah lubang tali terbuat dari besi yang cukup untuk mengikat antara kaki dan sepatu .

Jenis sepatu tracking yang kedua.

memilih sepatu gunung
Sepatu mid cut

Bisa dilihat bahwa sepatu ini bertipe "mid cut" (menutupi mata kaki tetapi tidak setinggi sepatu yang tadi). Memiliki tiga buah lubang besi untuk tempat tali.

Nah sekarang pilih yang mana antara kedua sepatu tersebut?. Sebagai catatan bahwa merk sepatu tersebut adalah sama.

Kalau saya pribadi lebih memilih sepatu yang pertama, karena beberapa hal (ingat faktor sol kita tidak masukan).

Sepatu tersebut melindungi tumit saya secara penuh, sehingga sangat cocok jika saya gunakan untuk mendaki. Mata kaki saya akan terlindungi dari ranting, duri dan benda tajam lainnya. Selain itu pijakan kaki saya akan terasa lebih mantap jika antara kaki dan pergelangan kaki seperti dijadikan satu oleh sepatu tadi.

3. Pola Jahitan
cara memilih sepatucara memilih sepatu
Bisa kita perhatikan pola jahitan dari potongan sepatu yang pertama lebih mengikuti bentuk kaki jika di bandingkan sepatu yang kedua. Hal ini memberikan kenyamaman saat kita pakai, karena seakan akan sepatu menempel secara menyeluruh pada permukaan kaki kita.


Tetapi perlu di ingat bahwa sepatu yang menutup tumit tidak se fleksibel jika di bandingkan sepatu low cut. Sepatu low cut sangat bagus digunakan untuk olah raga lari, tennis atau badminton yang memerlukan kefleksibelan mata kaki.
sepatu olahraga murah
Sepatu low cut




Demikian cara memilih sepatu tracking berdasarkan bentuk, bahan dan jahitan, kalau ada salah salah penjelasan maupun istilah saya mohon maaf. Makasih sebelumnya, jangan lupa meninggalkan komentar ya.. :D

Yang mau beli sepatu merk hi tec dan the north face bisa klik disini

source gambar : katalog jackwolfskin


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

8 comments:

  1. yoyoy sob, tentunya out soldnya juga kudu mantep ya :D
    siip deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha.
      yang pastilah.
      wokokokoko

      Hapus
  2. Bisa gak tracking pake high heels mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa.
      bisa nancep tuh nggak bisa dicabut.
      bisa ngglundhung2 ntar di gunung

      Hapus
  3. kalo mau naik ke semeru, harus punya sepatu kayak gini yaa...
    lha saya... sandal gunung aja gak punya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahaha..
      sama bu :p

      yang penting niat dulu, pasti ada jalan

      Hapus
  4. itu sepatu merk apa? harga berapa ya?

    BalasHapus