Membuat kompor trangia dari kaleng bekas Membuat kompor trangia dari kaleng bekas ~ Kempor.Com Membuat kompor trangia dari kaleng bekas

kompor trangia
source gambar : www.spiritburner.com

Membuat kompor methanol dari kaleng soft drink. Para backpaker membutuhkan sesuatu yang praktis dalam perjalananya, tak terkecuali bekal pakaian maupun makanan. Terlebih lagi jika kita travelling ke tempat yang jauh dari peradaban. Seperti gunung ataupun tempat lain yang jauh dari warteg, hehehe.

Maka diperlukan sebuah perlengkapan memasak yang praktis agar perjalanan kita tidak direpotkan dengan alat masak. Apabila punya uang lebih, kita  bisa membeli trangia 1 set untuk keperluan memasak di saat ngecamp atau naik gunung. Tetapi timbul masalah jika trangia yang sudah kita beli lagi dipinjem sama temen dan belum dibalikin.

Santai saja, kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk membuat kompor trangia dari kaleng bekas. Berhubung tidak ada alat dokumentasi, gambar saya ambil dari internet, harap maklum. hehehehe.

Kalau yang belum pernah lihat kompor trangia, nie loh yang namanya kompor trangia

kompor trangia murah


Untuk membuat kompor methanol ada beberapa alat yang musti disiapkan:
  • Dua buah kaleng bekas, bisa pepsi, fanta, sprite ataupun yang mirip kaleng. Semakin kuat dan tipis kaleng semakin bagus.
  • Selanjutnya alat pemotong kaleng, bisa gunting, silet, ataupun alat lainnya.
  • Untuk menandai digunakan spidol ataupun pensil.
  • Kalau ada bor bisa dipakai untuk melobangi, kalau tidak ada ya pake paku atau pun jarum.
  • Yang terakhir alat ukur ataupun penggaris

kompor metanol

dua buah kaleng bekas

Langkah langkah: 

1. Melubangi bagian bawah kaleng menggunakan cutter yang lancip ujungnya

cara kompor methanol

membuat kompor spirtus


cara membuat kompor ethanol

  
2. Melubangi bagian pinggir kaleng pertama menggunakan bor, jarum ataupun paku dengan jarak 15 mm disesuaikan diameter dari kaleng. Lubang ini nantinya sebagai jalan keluar dari api.


kompor ethanol


3. Memotong kaleng kedua setinggi 30 mm disesuaikan kebutuhan, apabila ingin menggunakan kompor yang muat bahan bakar lebih banyak bisa ditambah tingginya. Untuk  tinggi 30mm sudah cukup keperluan memasak mie, air ataupun nasi. Perlu dipertimbangkan masalah praktisnya kompor. Semakin tinggi maka memerlukan ruang lebih dalam penyimpananya diransel.


menaikan efisiensi kompor ethanol



Untuk mempermudah pengukuran dan kelurusan dari pemotongan, gunakanlah sebuah buku ataupun papan. Selanjutnya putarlah kaleng secara rata dan berulang ulang hingga terpisah antara bagian bawah dan atas kaleng.


4. Memotong kaleng pertama (yang berlubang lubang) setinggi 40mm (disesuaikan kaleng kedua)

kompor mendaki gunung


5. Membuat bagian tengah dari kompor menggunakan sisa potongan kaleng.

kompor mendaki methanol


Pada lembaran kaleng tersebut diberi 3 lubang yang berjarak 50 mm, fungsi dari lubang ini sebagai tempat masuknya bahan bakar. Dan pada kedua sisi diberi sobekan yang berjarak 150 mm. Lebar dari lembaran kaleng ini disesuaikan tinggi kaleng pertama dan kedua (40mm).

6. Merangkai potongan potongan kaleng menjadi satu

kompor gunung


menyatukan kedua sobekan tadi yang berjarak 150 mm menjadi satu, lubang yang berjumlah tiga tadi kita posisikan dibawah.



cara membuat kompor dari bahan bekas



menyusun kaleng kedua (kaleng bawah) dengan bagian tengah kompor.

7. Merangkai kaleng pertama (yang berlubang lubang) dengan cara menekannya. Karena diameter antara bagian atas dan bawah sama maka secara otomatis bagian atas dari kompor perlu sedikit dipenyok agar bisa masuk bagian bawahnya. Buatlah serapat dan serapi mungkin agar tidak terjadi kebocoran.

kompor methanol

Perlu diperhatikan bahwa lubang lubang api tadi jangan sampai tertutup, diperlukan penyetingan antara kaleng pertama, kedua dan lebar lembaran kaleng yang kita buat tadi agar dihasilkan kompor methanol dari kaleng bekas yang sempurna.

Modif lain:

Untuk menigkatkan efisiensi dari kompor methanol ini bisa dengan cara meninggikan tekanan didalam kompor, sehingga bisa memperbesar nyala api. Maka muncullah model lain yang bagian atasnya tertutup, serta dilengkapi sebuah baut penutup.

membuat kompor spirtus


efisiensi kompor methanol

Baut ini dilengkapi sebuah per (pegas) sehingga saat kita akan mengisi bahan bakar tinggal ditarik dan saat dilepas akan kembali rapat karena dorongan dari pegas.

Selain penggunaan per, salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi yaitu dengan merubah letak lubang api.

kompor spirtus terbaru


api kompor methanol

Untuk penampakan saat digunakan berbeda beda antara 1 kompor dengan kompor yang lain.

api kompor methanol


alkohol stove

kompor alkohol


Dengan dana minim, bahkan bisa dikatakan nol rupiah kita bisa membuat kompor trangia yang tidak kalah kualitasnya dengan produk dipasaran. Kreatifitas memang di perlukan untuk memodifikasi kompor ini sesuai kebutuhan, sehingga efisiensi dari bahan bakar bisa di tingkatkan.
Jadi, Ayo pemuda Indonesia kita berfikir kreatif!!, jangan hanya bisa membeli doank, anak kecil pun bisa.


source gambar : zenstoves.net


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

30 comments:

  1. unik juga ya kompor dari kaleng bekas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.

      bukan unik dikalangan tertentu :D

      Hapus
  2. Apik2... wkwkwk...
    Yen dadi silent reader ndak dipaido mengko akyuu :p

    Boy,,, udah nggak letheg lagi? udah rajin mandi? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha.
      silent reader ra yes yu...

      maksudnya udah ganti domain jadi nggak letheg lagi.
      gmana to pakdhe.
      aq kan dari dulu dah rajin mandi ;p

      Hapus
  3. tuh kan, ane udah yakin kemari pasti di bagi kopi, tuh kompornya aja udah siap, seduh sob kopinya, otre :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakaka.
      bener bro.

      emang aq ge jatuh cinta ma dia..

      :p

      Hapus
    2. hihiih, soal kopi gak ketinggalan ya sob :D
      biar adil link ente juga ante taro di new update ya sob, siip :p

      Hapus
    3. hahah.
      makasih mas bro.

      Salam buat temen temen yang ada disana.
      (temen siapa?)

      Ya terserah sapa sono!!

      Hapus
  4. Kreatif bener ya. Salut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat bagi yang suka naek gunung.

      Hapus
  5. hahaha keren bagt nii....

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dicoba om.
      buat masak masak dikamar ato gmn gitu :p

      Hapus
  6. Berguna gan,, kreatif,, ane CTLR + D dolo ah

    BalasHapus
  7. Cakep oom inspiratif neh. Berkat blog ini saya sudah buat sampe 2 buah dan berhasil nyala. Cuma kok buatan saya belum bisa mendidihkan air sebanyak 3 gelas ±600cc di nesting abri. Belum sempet mendidih spirtusnya sudah habis. Kayaknya karena lubang tengahnya terlalu besar. Saya kecilkan lubang tengahnya seperti gambar di atas nyalainnya susah. Mungkin perlu tatakan tambahan di bawah kompor ini diisi spirtus dan dibakar supaya spirtus di dalam kompor lebih cepat panas dan menguap melalui lubang2 kecil.

    salam
    rio

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya, manasin methanol biar cepet jadi gas.
      dan meninggikan tekanan.
      :D

      Hapus
  8. Balasan
    1. nggak kreatif om.
      emang sudah ada :D

      cuman jarang yang mosting gituan

      Hapus
  9. Balasan
    1. bahan bakar methanol, harga 5000-7500 /ltr
      jika nggak ada bisa memakai spirtus, harganya nggak jauh beda.
      methanol bisa dibeli di toko kimia, ataupun toko bangunan.

      Hapus
    2. makasih om atas infonya....Nanti ku buat kompor ini. kompornya cocok banget buat anak pramuka,sperti sya ini. hehhe

      Hapus
    3. sama sma, kalo masih bingung. bisa tanya anak2 sispala di sekolahnya.
      biasanya kompor ini buat naik gunung.

      Hapus
  10. sudah saia coba dan berhasil...
    kompor bisa buat cadangan kalau pake kompor gas mini di gunung dan abis gas-nya....
    makasih banyak bang
    ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. seneng kalo bermanfaat bagi orang lain :D

      Hapus
  11. Kreatif banget kamu, Mas. ..
    Gawekna siji lah. . . :D

    BalasHapus
  12. menarik mas, lumayan nih, selain dipake buat pas kemping bisa juga buat pas ngangetin masakan pas ada acara dirumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahah,mendingan pake kompor om

      ini buat emergensi di luar rumah aja kyk e :D

      Hapus