Ranu kumbolo, Karya Seni Maha Agung Ranu kumbolo, Karya Seni Maha Agung ~ Kempor.Com Ranu kumbolo, Karya Seni Maha Agung

Jumat, 06 Juli 2012

Ranu Kumbolo, sebuah danau yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger SemeruTerletak diantara jalur pendakian menuju puncak Mahameru. Sangat cocok digunakan untuk tempat istirahat para pendaki gunung ataupun sekedar tempat refreshing masyarakat umum untuk melepas kepenatan di kota. Ranu Kumbolo memiliki air yang bersih dan jernih, sehingga tak sedikit para pendaki gunung memilih tempat ini sebagai tempat istirahat.

Malam itu, sendiri ku melihat langit yang dihiasi kilauan beribu ribu bintang di atas Danau Ranu Kumbolo. Ditemani indahnya bintang dan dinginnya malam Ranu Kumbolo. Cahaya matahari pagi mengintip diantara dua bukit, dengan malunya sedikit demi sedikit keluar dari sangkar. Hawa dingin Gunung Semeru terhapus sinar cerahnya.

foto ranu kumbolo sunrise


Berbagai sensasi akan dirasakan para pendaki saat di Ranu Kumbolo. Tertiup angin pagi di ketinggian 2400 mdpl. Kabut putih menyelimuti permukaan Ranu Kumbolo, seakan menghangatkan suasana dingin di pagi hari Gunung Semeru (3° - 20° C)

Mata seakan rugi untuk berkedip, kilatan blits dari camera para pendaki Gunung Semeru membuat Ranu Kumbolo menjadi artis pada saat itu.

Sebuah Keagungan Tuhan tersirat dalam setiap detiknya. Karya Seni Maha Agung dengan komponen utama Alam, diiringi indahnya kicau burung di pagi hari, pepohonan hijau sebagai pemanis, permukaan danau Ranu Kumbolo seakan lembaran cermin besar yang digelar asri. Ditambah udara segar Gunung Semeru yang tak mungkin kita dapatkan di kota.

Tetapi semua itu akan sirna dengan sekejap.
Karya seni Maha Agung yang mengiringi pagi para pendaki Gunung Semeru akan mengungkap sebuah kenyataan pahit.

foto camp ranu kumbolo


Perlahan lahan sampah sampah akan terlihat jelas tercecer di hamparan sabana. Tumpukan arang kayu bakar merusak keindahan rumput Ranu Kumbolo. Botol botol dan bungkus plastik makanan instan, adalah sebuah tiket yang dibayarkan para pendaki saat pertunjukan Karya seni Maha Agung tadi usai.

Dengan tak bertanggung jawab para pendaki pun meninggalkan keindahan Ranu Kumbolo seakan tak peduli, Dengan camera yang berisi gambar dirimu, mereka pergi menuju Mahameru yang kejam.

Ranu Kumbolo, semoga kau tetap bertahan seperti ini, sehingga cucu cucu kami bisa menyapa engkau di suatu pagi seperti ini. Tetaplah bertahan walau setiap hari kau dikhianati para "pecinta alam".


foto ranu kumbolo

"Ranu Kumbolo ku malang, ku kan merindukanmu".






Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

44 comments:

  1. wah, baru turun dari situ sob, ckckckck gak ngajak2 neh ... #kejem lo !!! :P
    Ranukumbolo emang tempat yg gak bisa di lupain gitu aja sob, sayang sampanya juga ikut gak bisa di lupain ya, #agak miris :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwk.
      sory mas bro.
      kesusu soale.
      hehehe.

      lanjut ntar critane bro.
      mau belajar dulu..

      Hapus
  2. Weleh... apik temen kuwi Boy pemandangane...
    Lereng Tengger ya? dadi kelingan Mak Lampir... :D

    BalasHapus
  3. pada bahasa jowo nie ,, ora ngerti yo

    BalasHapus
  4. Woi... iki sing duwe omah nyang ndi? koq suwung :(

    Boy... maap lahir batin yooo. Ojo lali poso poso, ben sehat, dikurangi udude... haha.. :D Wis lah pokoke salam anak punk.

    Happy Ramadhan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiah, anak pink.
      aq dudu anak punk cak.
      nggak rokok an.
      aq kan anak alim.

      heheheh.

      sory baru menuntut ilmu, dadi omahe ra di urus dishik :p

      Hapus
  5. amin, semoga keindahan alami dari alam kita di indonesia tetep bisa terjaga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, amien dah.
      biar ntar nggak cman liat foto doank :D

      Hapus
  6. Wehehehe, aku gak tau mau komen apa.
    Dadah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang gue pikirin?
      masalah buat gue?

      Hapus
    2. Kayaknya sih kamu pikirin... :P

      Hapus
    3. nggak juga kali..
      kurang kerjaan banget

      Hapus
    4. Hihihi...
      Mau dong kenalan ama mas-mas yang paling kiri ituuu :P

      Hapus
    5. wani piro Un?

      kene tak kenal ke pye..

      Hapus
  7. anjriiiiiiiit..
    saya paling iriliat gambar2 diatas tu mas....

    dari judul juga keren....

    kunjungan balik nih.....
    salam kenal ya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. weleh2.
      iri ntu sebagian sifat syaitan :P

      nggak usah iri atuh, langsung aja berankat.

      salam kenal atuh.
      hheheee

      Hapus
  8. Merindukan Ranu Kumbolo juga... Hmmm...

    Saat mata ini tak rela terpejam sedikitpun semalaman. Merugi rasanya jika harus melewatkan malam itu berselimut sleeping bag, sedang Ranu Kumbolo serta bukit-bukit disekelilingnya seolah sudah menanti untuk di sapa,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,
      merindukan ranukumbolo, tapi mahamerunya nggak.

      aq nggak bisa puisi mas bro..

      kuingin tidur bersamamu, berselimut dingin dan embun pagimu.
      ditemani bintang yang selalu setia menemani malam mu.

      Hapus
  9. mereka bilang mereka pecinta alam, makanya mereka menghabiskan waktu luangnya dengan naik gunung. tapi kenyatannya mereka merusak alam. should we trust that they love the earth?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya oknum kok (aq juga mapala soalnya)
      nggak semua pecinta alam gitu, tapi kebanyakan mereka sudah melupakan tujuan pertama naik gunung

      Hapus
  10. subhanallah.. keren bgt ya..
    berharap bisa kesana suatu saat nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak..

      semoga terwujud ya mimpi nya :p

      Hapus
  11. subhanallah indah sekali..
    "adalah sebuah tiket yang dibayarkan para pendaki saat pertunjukan Karya seni Maha Agung tadi usai.

    Dengan tak bertanggung jawab para pendaki pun meninggalkan keindahan Ranu Kumbolo seakan tak peduli," ehmm,, termasuk ga y?^-^

    BalasHapus
  12. wah, ini toh yang ada dilagunya dewa19 "mahameru"

    sirr foto danau yang paling atas sob, berharap bisa maen kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung sob, ayo kesana, ke ranukumbolo aja dah cukup dah

      Hapus
    2. wah, musti nyari waktu senggang nih ,, soalnya harus berbagi waktu buat "kerja"

      Hapus
    3. weleh kok pakek tanda petik om? kerjanya pa tuh?

      Hapus
    4. antara kerja ma enggak *bingung

      kerjanya bantu2 jualan batik sob

      Hapus
    5. wah wah kern dunk, diamana tuh sob?

      Hapus
    6. di tuban jatim sob,,, aku dapet jatah shift 2 sama online marketingnya

      hheheh ^_^

      Hapus
    7. wow, kapan kapan kopdar coy. lama nggak ke tuban.
      tuban daerah mana nih?

      Hapus
    8. waduh,, soal kopdar trserah smpeyan aja cak,, kapan aja aku siap..



      aku dituban kotanya,,, di barat perempatan patung

      Hapus
    9. wokrey, paling jumat sabtu minggu.
      siapin tempat buat jalan2 mas bro, jangan di jenu yA, udah pernah kesana :D

      Hapus
    10. okelah,, kontak2an ke +6282332835768 aja,, nomerku

      Hapus
    11. siap, di catat dulu.
      ntar kalo ke tuban kaling2 dah

      Hapus
  13. wah kenek gawe lomba www.djisamsoe.com

    BalasHapus

Mohon tulis nama asli/panggilan/lapangan/panggung/pena etc.
No keyword, No spam, ataupun hal-hal yang jelas.

Terima kasih sudah comment.