Cara Mudah Melukis Wajah Cara Mudah Melukis Wajah ~ Kempor.Com Cara Mudah Melukis Wajah

Cara melukis wajah. Semenjak hasil coretan pensil saya terpublish dipesbuk tiba tiba saja banyak pesan pribadi masuk ke inbox pesbuk saya yang berinisial Qem Por ini. Yang minta di ajarin nggambar lah, yang minta di gambar wajahnya lah. Nggak cuman cewe' doank, tapi cowok juga banyak yang pengen digambar wajahnya. Gludak glundhung glundhung dah.

Males??? nggak juga sih, pelit juga nggak. Bayangkan saja ada 5 orang lebih yang minta di gambar wajahnya dalam waktu bersamaan. Bukan masalah di bayar berapa, tapi masalah waktunya ntu yang nggak ada (toh selama ini saya nggak pernah minta bayaran). Tangan saya cuman satu ya (yang satu buat garuk garuk pantant), belum lagi nanti kalau nggak mirip gambarnya, belum lagi ntar lama jadinya (maklum orang sibuk). Intinya saya mau aja disuruh menggambar, tapi kalau jadinya tahun depan nggak tau deh, hehehe.

Dari pada pusing ria memikirnya, sekarang saya mau share cara menggambar wajah yang paling mudah. Biar teman teman sekalian bisa ikutan berkreasi dan latihan menggambar, siapa tahu berbakat? :D

Pertama tama, kita siapkan alat2 yang kita pakai buat menggambar sket wajah

1. Kertas A4, A3, A2, A1, ataupun A0
2. Pensil 2B, kalo punya 4B atau 6B boleh juga, semakin banyak semakin bagus.
3. Penghapus kualitas bagus biar nggak nyisain angus
4. Imajinasi, kreatifitas dan jiwa seni

Sebenernya sangatlah mudah banget, sekali lagi sangatlah mudah menggambar wajah. Tinggal bagaimana kita mencari obyek yang fotogenic dan menarik untuk di gambar. Jadi jangan asal gambar model yang nggak jelas, nggak ekspresif, ataupun nggak menarik, pasti jadinya nggak maksimal ntar.

Ada banyak cara menggambar wajah. Salah satu yaitu live sket, yang langsung menggambar di depan model (bikin grogi). Ada lagi yang menggambar foto langsung di atas kertas (susah dapet proposionalitas :p). Dan yang paling mudah tuh nggambar foto menggunakan bantuan garis bantu lewat bantuan komputer.

Nah cara yang terakhir inilah yang akan saya bahas. Bagaimana cara menggambar wajah dengan mudah dan insya Allah mirip, paling nggak mendekati mirip lah.

Setelah mendapatkan foto yang paling ekspresif, sekarang masukan foto tersebut ke dalam corel draw. Sesuaikan ukuran gmbar dengan ukuran kertas yang akan di pakai. Dengan cara ini nantinya bisa di dapat layout yang pas sesuai keinginan. Tentu saja dengan komposisi dan tata letak yang artistik.

Setelah ukuran telah sesuai antara yang di corel dan yang riilnya di kertas, selanjutmya kita buat garis kotak kotak pada Corel Draw. 

cara menggambar wajah dengan corel draw

Penggunaan komputer dalam menggambar wajah


Dan apabila sudah selesai, bisa dilanjutkan dengan membuat garis kotak kotak pada kertas A4. Pembuatan kotak kotak ini bisa menggunakan printer ataupun manual menggunakan penggaris..

Dengan prinsip memberi garis bantu pada kertas yang akan kita gunakan sebagai media menggambar, letakan kertas kotak kotak yang sudah kita buat tadi di belakang kertas A4 yang akan kita gunakan untuk menggambar.

cara sket wajah dengan corel draw

Kertas kotak kotak ditaruh dibelakang media gambar untuk mengejar  keproposionalan objek


Teknik menggambar ini saya temukan saat masih SMP, yang memberikan sedikit kemudahan saat menorehkan imaginasi dengan bantuan pensil keatas kertas. Dengan cara ini, kemungkinan proposional gambar akan terpenuhi, seperti letak mulut, hidung, dan mata.

Apabila teman teman yang suka menggambar pernah mencoba menggambar wajah. Dan setelah selesai kok ada yang aneh dengan hidung, mulut ataupun mata, maka bisa dipastikan bahwa teman teman kurang bisa mewujudkan ukuran secara kasat mata antara obyek yang digambar kedalam media gambar.

Apabila dirasa proposional dari letak. ukuran dan ekspresi dari objek sudah didapat, saatnya melepas kertas kotak kotak yang ada di belakang media dan dilanjutkan dengan mengarsir.

Semakin tebal arsiran, maka semakin banyak kesempatan yang akan di dapat untuk mewujudkan bayangan dan kedalaman obyek. Cara pengasiran sebenarnya mudah, hanya saja diperlukan ketelitian dan waktu untuk mendapatkan efek kedalaman dan shadow. Penggunaan berbagai macam jenis pensil akan memberikan kemudahan dalam mewujudkan bentuk 3D sebuah objek.

cara mengarsir gambar dengan pensil

pengarsiran memerlukan latihan agar hasil maksimal

Jangan pernah bilang kalau karya seni itu jelek, karena tidak ada karya seni yang jelek. Semua karya seni itu indah dan bagus, hanya saja bagaimana kita bisa menemukan sudut pandang lain agar karya seni tadi bisa diterima dengan baik. Contoh saja gambar wanita tanpa busana, dsb, apabila kita melihat foto atau lukisan tersebut dari kacamata laki laki hidung belang, tentu saja gambar tersebut merupakan sebuah pornografi. Tetapi disaat kita melihat gambar tersebut dari alunan garis, kemantapan goresan, dan keragu raguan bayangan, dapat dipastikan kalau gambar tersebut jauh dari sekedar gambar pornografi. 

Ungkapan suatu imajinasi ke dalam kondisi riil itu seperti memasak dari sebuah resep yang ada dalam suatu majalah wanita. Kita membaca, menyiapkan dan menggambarkan dalam kondisi kasat mata, dan selanjutnya kita mengubah sesuatu hal yang kasat mata ke dalam media yang bisa kita sentuh. Hanya perlu sering latihan dan sering melihat karya orang lain, maka akan terasah sendiri kemampuan kita menggambar.

Sedikit cara mudah menggambar wajah, dari seorang mahasiswa teknik yang jauh dari dasar Nirmana apalagi arti sebuah seni.

Model: Meilanny admin dari www.melardi46.blogspot.com, maaf keliatan tua :p




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

87 comments:

  1. petromax dipompa dulu baru bisa nyala terang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. situ petromax aq pertamaxnyo yooo...xixixixixi


      #jadi gimanaaa gt rasanya dijadiin modelnya situ, tp mau protes dikit ah, itu note "keliatan tua"nya ndak usah dipublish juga kalee...hiks *nyadar diri kok emang udah tua...hahaha

      Hapus
    2. jiah di komeng.
      oh ntu tipuan kamera mbak.
      aslinya lebih tua malahan

      Hapus
    3. sotoy deh, kayak yg udah pernah liat lsg aja aslinya kayak gimana, justru aslinya gak jauh beda kayak anak SMU lho...ahihihi

      Hapus
    4. hehehe ... baru kale ini model protess :P

      Hapus
  2. persipan yg poin 4: imajinasi ituuuu yg masih harus di cari ke Dieng kayaknya.

    Trs aplikasi Corel Draw...

    Kesimpulan: Gambarin sajah yahhhhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah yang mau ke dieng nih..
      asik asik...
      oleh olehnya ya mbak :p

      dulu pas mau nyetak buku di tawarin nggak mau, sekarang :p

      Hapus
  3. walau di kasi bocorannya juga, aku tetep gak bisa gambar... :)
    jadi gimana kalau aku pesen juga?
    gigigigigigigigigiggi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahahahahahaaaaa....
      wow pesen? mbayar dunk :p

      oalah iki toh mas e sing wingi :D

      Hapus
  4. kalau menggambar sudah deh saya pasrah... ga bisa.. makanya saya lebih suka memilih untuk foto....

    mau gambar wajah saya mas...;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah fotography kan basicnya menggambar mase.
      melukiskan apa yang kita lihat dengan bantuan kamera :p

      mau mas, tapi kok pak ting pletot mukane?

      Hapus
  5. met pgi mbk. wah pnter main CorelDraw'y mbk. trmksh mbk dh mau berbgi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ini, ya ini..
      blogger yang doyan BW tapi nggak baca tulisannya.
      hadowh..

      masak gua cakep kayak gini dipanggil mbak sih???
      serius loh?

      Hapus
    2. haha betul @mohammad Rival

      Hapus
  6. nah nah itu gambar mah bakat mas, kalau niar gambar gag isok :D

    gambarin dong :D #kedipkedip

    BalasHapus
    Balasan
    1. macak cih? serius mbak????

      sini sini sini #kembang kempis idung

      Hapus
  7. nah imajinasi itu yang gimana bang, saya susah berimajinasi
    heemmm
    gambarin gunung aja dah bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. imajinasi ntu saat kamu laper trus ngeliat ayam panggang di depan kamu.
      :p

      gunung apa dulu nih?

      Hapus
  8. Gak gak..gak njaluk digambar wis *timbang ditolak tak tolak disik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal mau tak jawab iya loh bu :p

      Hapus
  9. maaf mas, bukannya saya rendah diri ato apa, saya memang nggak berbakat buat nggambar, masio ada tutorialnya juga gak bisa

    karena sampeyan punya bakat khusus dari Tuhan, kalo ada waktu luang, sampeyan bilang ke saya, nanti saya minta digambarkan wajah saya dan keponakan saya

    *baru kenal langsung nodong, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahihihihihi...
      angkat tangan lah kalo di todong

      Hapus
  10. ihihi.. kyk kl buat sy tetep susah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak ada yang susah jika kita berusaha bu :D

      Hapus
  11. Mudah... menurutmu :P
    Mas, gambar aku dong mas... *toweltowel*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lagi lagi...
      Wani sewu, sip sip. Deal...

      Hapus
    2. masih banyak sih fotomu.
      tapi males ah, belum ada moment yg pas :P

      Hapus
    3. Wah kamu nyimpenin banyak fotoku ya... So swiiittt...
      Trus kapan momen pasnya masss...

      Hapus
    4. so sweat??? pake handuk sono :p
      momennya ntar kalo pas di kubur,,

      Hapus
  12. wew, tetep aja ane gak berhsil sob, hehehhe ... gak bakat kali ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah, semua berbakatlah.
      cuman perlu sering latihan/
      :p

      blog mu mas bro...
      nggak bisa di buka

      Hapus
    2. biasa emang kl blog gebleg (stupid monkey) kebanyakan erorr nya :P #OOT ding,

      Hapus
    3. udah bisa kok mas bro, mungkin kemarin domainnya ya? :p

      Hapus
  13. wah keren
    pinter bgt menggambarnya
    coba objeknya saya :)

    BalasHapus
  14. wow .. dulu aku juga pernah ngelukis :P
    objeknya malah ga di foto, tapi di otak :P
    hasilnya lumayan mirip sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wak masak om???
      mantaph dund..

      ajarin dunk

      Hapus
  15. gambarin foto saya ya, hehehe

    nodong kedua kali ^^

    BalasHapus
  16. Wuuuuaaaah Keren banget yaaa...
    Dija juga kepingin bisa menggambar kayak Om gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. di coba aja tips ini, n sering2 latihan :D
      pasti ntar bisa

      Hapus
  17. saya ini susah berimajinasi tentang suatu imajinasi harfiah. (ex : manusia , kuda , kambing)
    solusi nya gimana dong ? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. sering aja nonton pilm :p
      emang susah kok mbayangin benda hidup :p

      Hapus
  18. keren yak.....apa krn modelnya emmg udah cantik ga ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. modelnya biasa biasa aja sih :p
      #semoga nggak tau :D

      Hapus
  19. saya maunya digambarin aja, heheheee

    BalasHapus
  20. mau dong di gambar om wkakakaka......
    mantap infonya om

    BalasHapus
  21. Mas ko matanya beda sebelah

    BalasHapus
  22. kirain gambarnya di corel.,. heheh
    cara yang berbeda ternyata/.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, iya om.
      korel buat mbantu aja.
      selanjutnya tangan kita yang bekerja

      Hapus
  23. Trik ini kyknya mirip ngegambar peta waktu jaman SD/SMP dulu...
    hehehehe....
    Mantrabbzz dehh...

    BalasHapus
  24. ajarin aq nglukis orang dung ka'.......
    dh niat bngetz ni,dah ltihan tpi hasil.a gtho" ja,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan email2 an :D
      ato lewat pesbuk , ato YM :D

      Hapus
  25. cara bikin grid di corel draw biar keliatan di fotonya gimana ya? ko aku grid nya cuman bisa jadi background doang? minta bantuannya. makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan chat di fesbuk atau YM atau sms saja.

      untuk tutor gambarnya belum sempet mbuat lagi, mungkin mingu minggu ini saya posting masalah gambar lagi.. :D

      Hapus
    2. silahkan di baca tulisan ini lagi :D
      atau lihat di atas kanan pojok :D

      Hapus
  26. saya senang dalam menggambar, boleh dunk liat koleksinya yang laen.... xixixixixiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kontek lewat pesbuk aja yak :D

      Hapus
  27. bener bener deh lukisannya keren abis,, saya sebenarnya pingin membuat tapi tak ada bakat ngelukis :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua orang ada bakat kali om :D
      semangat yak :D

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  29. c'bungsuAde Esih13 November 2013 09.33

    Mau coba dulu

    BalasHapus
  30. seperti kelihatan mudah ? tapi susah gan .....

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  32. baguus nih saluut
    dodwiki.blogspot.com

    BalasHapus