Catatan Perjalanan Berbalut Pasir Puncak Mahameru Catatan Perjalanan Berbalut Pasir Puncak Mahameru ~ Kempor.Com Catatan Perjalanan Berbalut Pasir Puncak Mahameru

Minggu, 09 Desember 2012

Perjalanan menuju Mahameru. Coretan ini salah satu catatan perjalan saya menapak ujung sebuah keinginan. Dulu harapan menapak tanah tertinggi pulau jawa adalah suatu hal yang tidak mungkin saya capai, iya dulu itu hanya sebuah impian. Tapi sekarang bukan dulu lagi, dengan tekad ulet pantang koyak. Ditemani sekumpulan sobat sepenanggungan beralasan rasa kebersamaan, akhirnya impian mencium pasir Mahameru pun terwujud. Perjalanan menuju  Ranupani, Membeku dihangatnya Ranukumbolo, Dan akhirnya sekarang saatnya menikmati klimaks cerita Mahameru kemarin.

ranu kumbolo

ranukumbolo dipagi hari

Pukul 4.00, ranukumbolo sepertinya membangunkanku, menyentuh lututku yang tak terbungkus hangatnya celana hitam lusuhku ini. Tangan gemetar memaksa terus bergerak, gigi gerahamku mengatuk atuk seakan ingin melihat indahnya matahari pagi. Dan akhirnya kami pun berdelapan terbangun mengabadikan detik demi detik lirikan mentari pagi yang dari tadi mengitip malu di balik bukit. Ranukumbolo pun menjadi artis saat itu.

Gurihnya mie instan yang bercampur sarden, ditemani hangatnya kopi jahe membuat tubuh kami bersemangat melanjutkan petualangan ini. Pagi ini hanya kami berenam yang melanjutkan perjalan ke Mahameru. Dua teman kami tidak bisa melanjutkan perjalanan karena alasan kesehatan. Resiko terlalu besar dengan pertimbangan jalur pendakian yang masih panjang, akhirnya ke egoisan kami mengalah sejenak. Masih ada beberapa pos pos pendakian yang harus kami lalui, yang harus kami lalui bersama sama.

Tanjakan Cinta (8.45), Suguhan pertama di hadapan luasnya Ranukumbolo, Konon katanya apabila kita melewati tanjakan cinta tanpa menoleh kebelakang dan kita selalu memikirkan orang yang kita cintai "katanya" seh nantinya hubungan kita dengan dia akan baik. Yang bukan pacarnya ya nanti bisa jadi pacarnya, yang udah jadi pacarnya ya jadi langgeng. Intinya kita minta apa terkabul dah (kalau minta gantheng kayaknya susah deh....).

tanjakan cinta

tanjakan cinta, ayo pada semangat!!!

Oro-oro Ombo (9.10) Tidak lebih dari 15 menit, tanjakan cintapun kami lalui, istirahat 10 menit sepertinya akan memberikan kami tenaga untuk menuju pos selanjutnya. Dari kejauhan terlihat karpet warna ungu digelar, sebuah padang lavender terlihat indah sepanjang memandang. Seperti kebun lavender yang dirawat secara alami oleh dewa dewa penghuni Mahameru. Setelah melewati padang lavender, kita disambut sebuah gerbang daerah peralihan. Dari wilayah yang penuh dengan sabana menuju daerah yang dipenuhi pohon pohon besar

oro oro ombo

lavender bermekaran menghiasi kelelahan sesaat di Oro oro ombo

Cemoro Kandang, (9.38)  Sebuah rubuhan pohon besar sebagai pintunya menyambut hembusan nafas kami yang mulai pelan setelah berjalan 3 jam. Suasana mencair saat kita foto foto bersama, walaupun lelah terasa. Terlihat gersang dan tandus, pohon pohon besar dengan sedikit ruput kering menjauhi keindahan bunga bunga lavender. Seakan gerbang Oro oro ombo angkuh berdiri menantang kami,

cemoro kandang

Cemoro kandang mulai terlihat dengan pohon cemaranya

Kalimati (12.25), terdapat sebuah shelter permanen yang sangat cocok digunakan untuk ngecamp. Kebanyakan dari para pendaki Semeru sebelum muncak memilih ngecamp di Kalimati. Dan saat jam 12 malem baru muncak ke Mahameru melewati Arcopodo. Sumber air terakhir terletak di Sumber mani yang jaraknya 1 jam dari Kalimati. Diperjalanan menuju Kalimati tadi, kami bertemu bapak bapak yang sudah berpengalaman mendaki Semeru. Dan sesuai saran beliau, kami pun tidak mendirikan tenda di Kalimati, tetapi langsung melanjutkan perjalanan ke Arcopodo. Sudah 4 Jam berlalu akhirnya sampai juga di Arcopodo, medan menanjak sangat mengasikan bagi kami, iya mengasyikan. Ditutup dengan mendirikan tenda dan masak masak di Arcopodo, sangat menyenangkan hari ini.

kalimati
Puncak Mahameru terlihat menjulang tinggi dari kalimati

Kami memutuskan tidak membangun tenda di Kalimati dengan beberapa pertimbangan. Apabila kami muncak dari Kalimati ke Mahameru pastinya nanti akan kehabisan waktu dan tenaga. Melihat track dari Kalimati ke Arcopo sendiri yang selalu menanjak. Sekitar 4 jam kami habiskan untuk berjalan dari Kalimati ke Arcopodo, dan akhirnya sore hari kita bisa membangun tenda di Arcopodo. (16.30)


arcapada

Arcopodo diselimuti dingin pagi

Arcopodo, Jam 23.00 tepat kami ber enam melanjutkan perjalanan ke puncak Mahameru. Di tengah perjalanan kami berpisah satu sama lain dengan pertimbangan kemampuan fisik yang berbeda beda. Ada yang ikut kelompok pendaki lain, ada yang istirahat menunggu giliran mendaki, ada juga yang tidur untuk menghimpun tenaga. Medan pasir dengan sudut elevasi lebih dari 45 derajat bukanlah hal yang biasa kami lalui. Berbeda dengan di jalan biasa, sekali langkah di Mahameru adalah 5cm, setiap kami melangkah pasti melorot lagi, dan begitu seterusnya. 5cm demi 5cm kami lalui, menuju puncak para dewa dewi.

Tiba tiba ingat mati, Akibat terpisah dari kelompok pendakian, rasa penasaran ini membuat saya mengambil jalur sebelah kanan dan itu merupakan sebuah kesalahan fatal. Rasa putus asa sempat melintas, bayang bayang batu nisan bertuliskan nama "ini" membuat teringat orang tua yang nggak tau kalau anaknya sedang mendaki gunung Semeru. Dengan kondisi perut kosong dan lapar, botol mizone yang telah habis diperjalanan, akhirnya saya berhenti sejenak untuk tidur dan menenangkan pikiran. Sinar mentari pagi menggapai, membuat diri ini kembali semangat melanjutkan pendakian. Setelah mencari cari di dalam tas, akhirya saya menemukan sepotong oreo dan sebotol air yang membuat semangat untuk bertahan hidup ini muncul kembali. Setelah berjalan 7 jam sendirian, tanpa teman dan bayangan kematian akhirnya puncak Mahameru terlihat. Senyum teman teman menyambut saya di puncak Mahameru, kulit merinding seakan tidak percaya.

memoriam soe hok gie

yang mencintai udara jernih, yang mencintai terbang.....

Rasa capek, dan senang bercampur aduk jadi satu, haru yang tidak bisa dibagi dengan orang yang kita cintai adalah sangat menyesakan. Tiba tiba saja mata serasa berkaca kaca dengan sendirinya, hanya bisa diam melihat keagungan Tuhan. Serentak merinding melihat betapa kecilnya kita jika dibandingkan semua ciptaan Tuhan. Teringat semua kesombongan kesombongan yang kemarin memukul hati. Hanya membuat kami terdiam.

Semeru, sebuah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Dengan berbagai keindahan alam dan cerita mistisnya. Gunungnya para dewa. Puncakmu Mahameru sebagai tempat para pencabut nyawa, yang  tak akan terlupa.

...Mahameru, kumerindukan pasirmu terbalut di tubuhku



FOTO FOTO NARSIS SELAMA PERJALANAN


fedi nuril kalau di gunung tetep aja bauna wangi abis ~ fotoku mana?


artis 5 cm

sempet narsis narsisan sama pemain film 5cm (lupa siapa namanya, jonet jonet gitu) ~ fotoku mana?

cemoro kandang

duduk duduk menikmati udara sore hari

anak anak gagah lintas jalur mesin its

yang udah nyampe puncak poto2 dulu :D 


lintas jalur mesin its

tim ekspedisi Semeru teknik mesin lintas jalur ITS

kempor atwapala solo

he he :D

kempor atwapala solo

narsissssssssssssssssssssssss abis!!  wowowowow, masalah buat kalian??? hah?? :p

udahan dulu yak :D
postingan terpanjang yang pernah saya bikin nih, n ternarsis. wokokokoko 








Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

153 comments:

  1. Balasan
    1. wahahaha, tumben nomer 2 nih :p
      dapet premium

      Hapus
  2. mas mas itu pevita sama junot ali, eeh ketemu artis niyee, terus fotomu nandi sing karo artis e :D

    eeh itu kok ndak pake baju, bauu :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya, pevita, ma junot.
      kelingan q jonet :D
      maklum artis papan atas, nggak kenal artis papan bawah :p

      foto q nggak ada, hueee..
      curang tuh yg didepan yg bawa kamera..
      kita yg dibelakang cuman mencium wanginya mbak pevita :D
      cantik yak? :p

      aq seksi nggak mbak? :p

      Hapus
    2. huuhh foto ndak ada sama pevita hoax :p

      Cantik dong, ndak cantik ndak jadi artis ntar :p

      seksi banget #bagisatusdolar :p

      Hapus
    3. brarti kopdar maren juga hoax yak? :p

      aq nggak ada seratus dolar, seribu aja yak? tambah es jus :p

      Hapus
  3. Cieee...
    Semoga menang ya bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iki postingan buat lomba po? Weiiii poto yg bawah...narsisnya kelewatan tuh

      Hapus
    2. yeyeyeyeye, masalah buat KALIAN ????
      nggak baca pow?

      hahahahaha,

      mbak fotone taman pintar kirimke nyang email yok....

      Hapus
    3. iya deh, kapan2 ta kirim potomu yg asal2an njeprete tapi kebanyakan duet sama Una tuh

      Hapus
    4. Aku mau dong dikirimi mbak...

      Mas, kamu cakepan deh :P

      Hapus
    5. iyalah, masak duet sama mbak alai :p

      aq emang cakepan kalo pas naik gunung, wek :p

      Hapus
    6. oe oe vai potong rambut oe

      Hapus
    7. iyo, unyu2 banget.
      koyok cah cilik.

      tapi yen soko adoh :p

      Hapus
    8. @Untje van Wiebs : huuuu .... :P

      Hapus
  4. kunjungan mlm genk waaaaah semoga sukses bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas brur..
      sukses jaya sentosa di udara

      Hapus
  5. wah ... kerennn ... :D
    emang bro, perjalanan menuju Mahameru adalah perjalanan yang selalu susah ilang dari pikiran, selalu pengen ngulang dan ngulang, selalu aja ada cerita berbeda tiap mampir kesana, hmmm ... kangen Mahameru lg neh ... :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerenlah, gue kan? :p

      aq malah pengen rinjani masbro!!!
      huaaa..

      *gigi q kenapa? hehe :D

      Hapus
    2. gw kira lo kesetrum, hahahahaha ...

      Hapus
    3. wahahahasemb.
      lumayan adem di atas..

      Hapus
  6. ahaha...ranukumbolo ga kuku duehh.... :D
    apik tenan yoo.....
    salam jepers....wkwkwkkkk

    solo..solo..solo :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, nggak kukukuruyuk :p
      jepers wie opo mbak?

      mbak e sara, kad wingi solo solo wae :D

      Hapus
  7. foto ranukumbolo-nya keren ...
    semoga sukses ngontesnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu baru foto om, yang moto juga orang biasa.
      apalagi aslinya om..

      menyentuh kehangatan hati dah :p

      Hapus
  8. asyiknya...., perjalanan yg indah ya....
    itu ya yg bikin kepengen berulang2 naik gunung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mbak monda, mbak kan? aq lupa jwe. udah jarang BW kesitu.

      Salah satu emang pemandangannya mbak, tapi yg bikin kangen tuh suasana malam, pagi, siang n sorenya. Bersama teman dan orang2 yang disayangi.
      Merasakan yang namanya perhatian..

      Munculnya sifat2 jelek yang tak tertutupi. cobalah naik gunung, maka kau akan mengerti siapa dirimu :D

      Hapus
  9. aku baca bukunya soe hok gie... dan seneng bisa nemu "kenangan" tentang soe hok gie di puncak mahameru.
    Ah tuh Ferdy Nuril main di film 5cm? perannya sbg siapa ya dia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah belum pernah baca bukunya bu..

      ferdi nuril nggak tau jadi apa...
      pokoknya jepret aja bu.
      hahahaha, yang penting dah pernah leat :D

      Hapus
  10. aaaak banyak artisnya :D itu namanya junot kan ya kalo ga salah.

    pemandangannya, luar biasa betul.. good luck ya, semoga bisa ikutan jadi artis juga :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya junot ali, sama pevita..
      cantik...

      iya jwe, jarang2 berdiri disono

      Hapus
    2. oh, ternyata postingan ini saingan saya toh :p

      ya udah, semoga saya menang ya bang *ehh


      *kabuuuurrrr :p :p ;p

      Hapus
    3. lhah?

      okedah, anything 4 u :p

      Hapus
  11. Pas dulu ke sana, juga pas syuting ke-2 .. tapi bukan pemainnya yang saya lihat, tp kuli2 porter barang2 syuting .. #hasem tenan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha, kapan mas bor?
      jangan jangan kita ketemu tuh?

      aq juga pas udah balik syuting, jadi ketinggalan moment foto2nya diranukumbolo T.T

      Hapus
  12. Terimakasih sudah berpartisipasi dalam Giveaway Popcorn's 2nd Anniversary, mas Rivai. Sudah saya catat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow dari hongkong..
      :D

      makash mbak :p

      Hapus
  13. wah ranu kumbolo masih tetep anggun meski sudah bertahun-tahun. Terakhir saya ke sana tahun 84. Biyuuuh foto bawah sendiri nggak kuat ngelia udelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan tetap belum pernah di kuras airnya :D
      ahihihihihi.
      tahun 84 jamannya booming naik gunung ya om..
      tahun segitu aq sama mbak q blum di dunia nyata -.-'

      Hahaha, seksi ya om? :p
      padahal nahan dingin tuh :D

      Hapus
  14. tetep bingung kenapa dinamakan tanjakan cinta.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena ya ntu,,
      ada mitos kalo nglewatin tanjakan ntu tanpa noleh kebelakang ato berhenti, trus mikirin orang yg dicintainya, pasti ntar jadi so suit gitu :p

      Hapus
  15. Asyik nih naik gunung. Klo naik ke gunung kembar asyik gk ya? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak asyik lah.
      nggak capek soalnya

      Hapus
  16. kalo saya pribadi belum pernah kesini bang. namun mendengar cerita dari temen saya yang sering mndki seolah-olah mahameru iu seperti dwanya puncak gunung hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyoba donk om..
      iya, dewanya gunung dipulo jawa :p

      Hapus
  17. Subhanallah Mas Rivaii, Keren banget... >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciyus?

      yg paling keren ntu foto yg paling bawah yak??? :P

      Hapus
  18. pondok pendaki di ranu gumbolo sudah ada tidak lagi ya sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada mas bro....
      masih kokoh berdiri seperti monas.
      :D

      tapi kotor dalemnya :D

      Hapus
  19. Sayang, waktu kuliah dulu saya nggak ikut Mapala. Padahal, saya pembaca setia buku Catatan Sang Demonstrannya Soe Hoek Gie...salam:)

    BalasHapus
  20. Fedi Nuril cakep bener ya ?tapi lebih cakep pemandangannya deh ^_^

    BalasHapus
  21. cantik banget pemandangannya, betaun2 di jawa timur eh lum pernah naek semeru :)

    BalasHapus
  22. Keren-keren fotonya Teman, Salam Kenal

    BalasHapus
  23. Gak bisa minta ganteng, ya?
    Yah.... Gak jadi deh saya ke Semeru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahahaha.
      bisa om, tapi susah om

      Hapus
  24. keeereeen, dulur.... dua jempol keatas deh tuk sampeyan d^_^b

    BalasHapus
  25. kerennnn nih bisa nyampe puncak mahameru

    BalasHapus
  26. manteeeb manteb fotonya. pnge banget kesana.
    indahnya luar biasa.


    salam.

    BalasHapus
  27. hanya bisa bilang "wow" aja :D
    seumur - umur blum pernah mendaki gunung :haha :pengennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambil gulung gulung om.
      hahahaha.

      ayo nik gunung lah sekali kali

      Hapus
  28. .. widichhhhhh,, ada yg porno tuch. pake acara buka baju segala. wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . pizZz,, ..

    BalasHapus
  29. Iri banget nih sama yang pernah mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah... (nyanyi ala ninja hatori :D )
    Banyak cerita menyentuh tentang pengalaman orang2 yang ke mahameru ya. Apalagi yang tertuang dalam film 5cm :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bersama teman bertualang... lalala

      5cm kurang memuaskan sih di Mahamerunya :p

      Hapus
  30. wih.. crtianya nih suka mendaki gunung nih

    BalasHapus
  31. 1 KATA
    -KEREEEEENNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN-

    BalasHapus
  32. sesekali komen ah..... #dah itu aja :D

    BalasHapus
  33. jeng jeng... enak ya enggak jadi mati hahahah

    iku atek ketepak'an enek shooting 5cm toh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hasemb bocah iki.

      bukan ketepak, tapi emang di pas pas in :p

      Hapus
    2. halah2,,, ora ajak2 ... ehh gak popo leh gak ajak2, malah diajak mati engko hahah

      Hapus
    3. lambemu cak, mbok awur thok

      Hapus
  34. WOOOOW... sumpah aku baca semuanya.. keren banget ya.. jadi kepingin mendaki juga.. btw gak ada yg gemuk yah.. kalo bobot di atas 80 kilo gitu kayaknya susah naik gunung. karena bakalan ketinggalan jauh di belakang haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok.
      yang penting niat.
      inget
      NIAT

      semua pasti bisa.
      ntu adalah salah satu yang bisa kita pakai dari mendaki gunung.
      NIAT dan pantang menyerah

      Hapus
  35. Sugguh pemandangan yang indah dan menakjubkan kawan. salam pecinta alam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. widih.
      ada yang suka naek gunung nih.
      ayok naik gunung :p

      salam pramuka :D

      Hapus
  36. Asli keren banget nih om, salam kenal

    BalasHapus
  37. wah keren... saya tertarik ikutan kaya gtu..

    BalasHapus

  38. informasi yang sangat menarik dan mengagumkan semoga anda menang dalam kontes ini dan jangan lupa kunjungan baliknya gan
    salam blogger jogja

    BalasHapus
  39. hwihh... keren pooll exspedisinya...
    Semeru Pasti indah ya??

    BalasHapus
  40. wah asik ya... banyak nggak rintangannya? tuh buka baju nggak kedinginan di atas ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nganyak juga, tapi nggak lebay kok.
      lumayan dingin om.
      hahaha, tapi namanya seneng ya jadi nggak terasa om :p

      Hapus
  41. asik kayaknya perjalanannya.. kapan2 ajak kita ya.. :)

    BalasHapus
  42. asyik banget kayaknya
    jadi pengen naik gunung, belum pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik bangetlah.
      aq juga belum pernah om :p

      Hapus
  43. Wiss, naiknya barengan sama yang shooting 5cm.

    Wish I can spend this new year eve in mahameru too.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak bareng, papasan tapi :p

      semoga terkabul yak :p
      aminnnn...

      Hapus
    2. Anwy beruntung mas masih bisa lihat in memoriam gie sama idhar lubis. Waktu saya naik udah di lepas.

      Hapus
    3. wah, sepertinya abis kesana nih?

      bareng avtech ato taun baruan????
      asyikk....

      Hapus
    4. Tahun baruan mas, waktu jabore avtech saya malah ngecamp di pantai sedahan, gunungkidul. Hehehehe

      Hapus
    5. wah asik tuh, nggak ngajak2 nih?
      sekali2 ngajak lah :p
      *modus :D

      Hapus
  44. Waaaa... kisah perjalanan yang hebat... Gemetar bacanya pengen kesana secara langsung, mudah-mudahan 2013 nanti bisa terwujud...

    Eh bang, itu kenapa ada fedi nurilnya? emang ketemu beneran sama mereka?
    xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, ayolah ke mahameru.
      pastilah asyik.

      iya, ketemu pas mereka ge syuting di atas.
      hehehe.
      tapi nggak sempet poto bareng aq nih :(

      Hapus
  45. Mantaps perjalanannya, Mas. Pas banget membacanya saya lagi pengen nonton 5 Cm. Semoga sukses ikut kontesnya ya, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, iya om.
      belum nonton yak? :p
      kasihan :p

      semoga menang yak :D

      Hapus
  46. Ada Fedi Nuriiiiiiiiiiiiiiiiiiiil... Pantesan kok kayane ngganteng. Nggak mungkin potonya yang punya blog. Jebulnya Fedi Nuril toh? *salah fokus*

    BalasHapus
  47. wis mantep,aku juga pingin tuh naek gunung :)

    BalasHapus
  48. Wahhh Keren Nie Mas...Gue Tertarik Mas ikutan gabung ..!!
    salam kenal mas..;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal om.
      slahkan bergabung, bergabung apa yak?

      Hapus
  49. Pantesan ada cewek manis di sana ... oemain film toh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha, cantik? nasak sih?/
      jadi malu :p

      Hapus
  50. Ok juga gan bisa berdiri diatas puncak gunung mahameru..
    sory gan baru bisa follow abisnya tadi belum sempet mampir ke halaman home agan, di halaman postingan ndak ada form buat follow bloggernya. sekali lagi makasih sudah berkunjung happy blogging gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mas bro, emang blog q lemot abis, jadi nggak nongol deh

      makasih yak dah polllow

      Hapus
  51. ealah bused
    kok bisa sama artis gitu hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya donk, sesama artis kan musti kompak :p

      Hapus
  52. mantap sob perjalanan dan foto-fotonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dunk, foto fotonyabiasa aja om, pake camdig biasa :D

      Hapus
  53. ranukumbolo dipagi hari terlihat adem dan agak mistis gitu ya.... *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak mistis kok om kalo ranukumbolo.

      Hapus
  54. Hi,

    kami ingin menempatkan link dalam artikel Anda yang kita pilih. Dapatkah Anda memberikan
    harga untuk satu link dalam artikel Anda yang sudah ada?

    Saya menunggu tanggapan Anda sesegera mungkin.

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih buat penawaran anda pak.
      apabila anda tertarik memasang iklan link atau banner, ataupun review produk anda.
      silahkan kirim email ke rivai.atwapala@gmail.com

      Hapus
  55. Numpang baca artikelnya pak admin. Dan selamat pagi untuk pengunjung semuanya. Salam kenal dari saya, Brehow. :)

    BalasHapus
  56. Pendakian ke Semeru memang ga akan terlupakan

    BalasHapus

Mohon tulis nama asli/panggilan/lapangan/panggung/pena etc.
No keyword, No spam, ataupun hal-hal yang jelas.

Terima kasih sudah comment.