Energi Alternatif Ramah Lingkungan Pertamina Energi Alternatif Ramah Lingkungan Pertamina ~ Kempor.Com Energi Alternatif Ramah Lingkungan Pertamina

Diperkirakan bahwa pada tahun 2050-an cadangan minyak dunia akan habis, bisa kita lihat dengan jelas bagaimana meningkatnya kebutuhan akan energi fosil penduduk Indonesia yang konsumtif ini. Data tahun 2003 sendiri menunjukkan bahwa jumlah kebutuhan BBM sebesar 1 juta bph, sedangkan yang dapat dipasok dari kilang dalam negeri sebesar 0,75 bph. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan BBM dalam negeri, sejumlah 0,25 bph BBM harus diimpor. Apa yang nggak kita impor sekarang? Beras? Kedelai? Sapi? Bahkan headband buat tutup rambut aja juga import.

Padahal kalau kita lihat dengan mata terbuka, banyak sekali energi alternatif yang belum dimanfaatkan di Indonesia ini. Seperti potensi geothermal sangat besar di Indonesia, Hydroelectric belum terjamah sama sekali, pemanfaatan biomassa juga belum begitu maksimal, potensi angin yang sangat sedikit termanfaatkan bahkan yang paling melimpah yaitu energi matahari belum juga merakyat di negeri ini.

Salah satu alternatif terakhir yaitu energi dari nuklir. Memang teknologi nuklir sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Tetapi dengan kapasitas negeri ini, sepertinya masih belum percaya diri jika kita mengembangkan dengan resiko yang terlalu besar.

Oke, kita jangan terlalu berpikiran muluk muluk terlebih dahulu, sebaiknya kita manfaatkan energi paling melimpah di negeri ini saja , yang sekirannya tidak akan habis sampai kiamat nanti. Iya energi dari matahari., Energi yang paling sedikit dimanfaatkan dan di kembangkan di Indonesia, tetapi memiliki potensi yang sangat menjanjikan kedepannya.

Kita ambil contoh paling simpel dalam kehidupan sehari hari kita saja, bentuk dari kontruksi SPBU pertamina di dekat rumah kita, pernah kan lihat dan memperhatikan kontruksi dari pom bensin?

surya cell pertamina

Source gambar: berdikaricitasejahtera.wordpress.com

Bayangkan jika atap SPBU Pertamina yang lebar dan terbuka tersebut kita pasang sebuah panel surya diatasnya? Berapa KWH yang dihasilkan dari 1 atap tersebut ya?

Salah satu hal sepele lain yang jika kita amati dengan pikiran terbuka mungkin bisa dijadikan energi alternatif lain yaitu selokan di pintu masuk dan pintu keluar dari SPBU Pertamina, pernah lihat kan?


energi ramah lingkungan pertamina

source gambar: yongkilunt.wordpress.com

Apabila kita pasang sebuah rangkaian mekanik yang akan naik turun jika dilewati motor atau mobil, dan dengan sebuah rangkaian tertentu kita bisa mengubah gerakan translasi naik turun tadi menjadi gerakan rotasi putaran yang selanjutnya kita ubah menjadi energi listrik menggunakan generator. Dengan jumlah kendaraan yang lewat keluar masuk pom bensin, secara tidak sengaja akan membantu menggerakan generator. Walaupun kecil kapasitasnya, tetapi akan berbeda jika diakumulasikan selama sehari.

Masa depan nanti adalah era era mobil hybrid, bahkan bisa saja mobil yang menggunakan bahan bakar baik fosil maupun biomassa yang bisa diperbarui akan tergeser oleh mobil listrik. Dengan pemanfaatan energi matahari dan waste energy lainnya seperti energi panas buangan dari pabrik, regeneratife shockabsorber, diharapkan akan membantu kelestarian bumi ini dari polusi udara, dan juga meminimalisir terjadinya global warming.

Sekarang jamannya energi ramah lingkungan (kayaknya).


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

138 comments:

  1. Balasan
    1. kok gaya vespi di kasih pertamax ntar watuk lho :p

      Hapus
    2. heheh, minumnya kadang merah kok mbak :p

      Hapus
    3. Kadsang merah..kadang kuning..trs ijo dunk...

      Hapus
    4. lhah? emang lampu yang di perempatan?

      Hapus
    5. ikut ngerumpi boleh kang :D

      Hapus
    6. boleh kang :D
      sak karepe lah :p

      Hapus
  2. trmkasi sobat infonya'y sukes buat anda

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama om, semoga sukses juga :D

      Hapus
  3. idenya luar biasa mas.... cemerlang ah.... memang begitu seharusnya.. mirip mirip seperti di negara maju...

    BalasHapus
  4. negara maju suadh tidak lagi memikirkan soal polusi karena mereka sudah tidak mau ambil pusing lagi..

    berkeringat sedikit tidak mengapa, selagi semua orang dapat hidup lebih lama.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah maka dari pada itu kita harus segera memikirkan energ yang ramah lingkungan, sehingga semua orang dapat hidup lebih lama.

      Hapus
  5. Pengen juga punya pembsngkit surya skala rumah tangga, bisa hemat banyak mungkin ys

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiya kan, jika setiap rumah dipasang surya cell kan lumayan tuh.
      tapi emang agak mahal buat investasi awalnya.
      dengan iming iming hemat kedepannya :D

      Hapus
  6. Mas, kamu hebatnya sampai punya ide seperti di atas.
    Kamu mau merealisasikannya?
    Waaah. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahihihihi.
      nggak wie mbak.
      kan aq nggak tau harganya panel surya n alat yang buat ntu tuh.
      biar di pikir profesor2 aja.
      :p

      Hapus
  7. hmmm, ternyata dik Vai cerdas juga ya... xixixixixi :P

    #good idea, top markotop dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmmm.
      kalo pinter mah nggak usah kuliah lagi :D
      mohon like nya ya mbak :D

      Hapus
  8. itu sepedanya bagus2... hehe...
    sukses yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiah mbak noorma nongol.
      gimana kabar si cantik nih?

      Hapus
  9. Ramah lingkungan tapi sombong di harga kah mas? ihhiehieie, Mangap eh maaf

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang invest awal pasti mahal.
      tapi kalau sudah berjalan akan lebih murah lah :p

      Hapus
  10. Balasan
    1. asiklah, kyknya nggak nyambung deh, tapi nggak papa.
      emang bersepeda ntu salah satu alternatif biar polusi udara bisa diminimalisir.

      Hapus
  11. Kejelian semacam ini neh penting banget.... Betapa kendaraan yang keluar masuk di SPBU itu bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan energi. Biuh. Salut. Semoga bisa dilakukan penelitian dan ditindaklanjuti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha
      komennya mirip yang di pesbuk mas.
      tinggal gimana pemilik dari spbu mau nggak memasang ntu :p

      Hapus
  12. wait...penggemar vespa juga neh...kalo atap pom pertamina di tempelin mikro hidro kapiler gimana ni mas ? setuju ? kayak gini konsepnya bit.ly/Energi99

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya mas...
      jangan naruh link di komentar ya :D
      kan udah dikasih pilihan buat naruh link di propilnya ntu. langsung aja di isi linkmya :D

      mikro hidro ntu kyknya buiat di desa desa masbro.
      masak iya di atas spbu di kasih pembangkit listrik tenaga air???

      Hapus
    2. ok, mas...siap, kamsia masukannya, maaf masih pemula
      sukses ya mas

      Hapus
    3. hehehe.
      masukannya ya duit :p
      silahkan di transfer yak :D

      Hapus
  13. keren nih artikel dan idenya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eeh mbak Alai ka.
      takut ah mau mbles komeng apa :D

      Hapus
  14. emas vai leg menang aku di traktir yoo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin amin amin, wis njaluk opo..
      penting ra njaluk nyang india :p

      Hapus
    2. Minta beliin 5D, kamera mas, ok ok...

      Hapus
    3. 40D masih kurang po Un?
      hmmmm..

      Hapus
    4. Kurang dong... gak ada video mode, kec diutek-utek~ lalalalala...

      Hapus
    5. opo sehhh..
      manual buk e diwoco.

      Hapus
    6. haiii rame ae yoo di sini, bubar bubar :p

      Hapus
    7. weleh, opo seh mbak.
      ahihihi :p

      Hapus
  15. Waaa apik apik. Cool.

    Cieee, semangat banget rek melu kontes...
    Curiga sesuk posting kontes meneh...
    Semoga menang ya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. genah thok nuw Un.
      hehehe, jelas donk :D
      semeru semeru :p

      Hapus
    2. genah thok nuw itu apaan?
      Eh mas tadi kelupaan mau nulis: kok ada headband segala :P

      Hapus
    3. wekekekekeke.
      adalah, kan punya q import :p

      Hapus
    4. Buff ya... import dari mana tu emang?

      Hapus
    5. ada deh..

      mizone q muncul terus tapi kok nggak ada yg ndaftar ya Un? :(
      mbok kwe ndaftar Un..

      eh nggak dwe pesbuk dink yow? :p

      Hapus
    6. Duwe sih...
      Tapi nek rep daftar aku yo wegah seko mizonemu :P

      Hapus
  16. sipp deh.. bebaskan udara kita dari polusi2 gak penting..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kacian kupu2 yang terbang2 di udara ayayaya :D

      Hapus
  17. Tinggal menunggu ada pihak yang benar-benar bersedia merealisasikan ide-ide cemerlang seperti diatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya nggak ada deh...
      ahihihi
      tetapi semoga ada sih :p

      Hapus
  18. Wah, objek penelitiannya sama dengan saya: SPBU! Pengamatan luar biasa. Semoga bisa menjadi opsi energi alternatif, sobat bumi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahaha.
      hiya om, salam rimba ya :p
      semoga menang mas bro :D

      Hapus
  19. sumber energi listrik alternatif selain fosil memang berlimpah di negeri kita Kang, hanya saja untuk membuat menjadi sebuah pembangkit membutuhkan biaya yang tinggi. Tapi kalo mau serius, bukan hal yang sulit bagi pemerintah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju om.
      semuanya tergantung dari siapa yang memimpin om.
      sudah ada teknologinya, tinggal kita mau nggak ikutan merealisasikannya.

      Hapus
  20. sangat disayangkan sekali cloe keluar dari JKT48

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  22. Harus ada yang ngasi tau pertamina nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn lupa ngasi tau mentri bumn nya :D

      Hapus
    2. mungkin maksudnya menteri esdm kali yak?

      Hapus
  23. idenya sangat bagus dan ane salut dengan ide ide yang cemerlang ini kenapa kok nggak dipasangin solar cell aja yah tuh pertamina

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mas bro? mungkin ada yg punya ide yg sama, tapi nggak tau harus bilang sama siapa :D

      Hapus
  24. kunjungan silahturrahmi,salam blogger
    idenya boleh juga sob,coba failkan pada mentri bumn....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mas bro.
      salam dingin dari solo :D

      mentri bumn ya???
      hmmmm

      Hapus
  25. wah2... otak'e jalan juga yak ahahaa..

    yg pertama soal solar cell kalo ditaruh diatas seperti itu apa g bahaya bang

    terus yg keduany itu pemikiran yg sip, cuman sekarang masalahnya bagaiman meng-realisasikannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang antara listrik dan bensin agak berbahaya.
      tetapi kalo yg bikin ada standarisasinya pastinya nggak terlalu perlu khawatir.
      dan jelas itu hanya sebuah wacana jika nggak ada yang merealisasikannya

      Hapus
    2. aku mendukungmu ... LANJUTKAN, oiya baru sadar, kan surabaya panas yak. yg pertama pasti cocok tuh kalo udah ada standarisasinya.. bukan hanya di spbu tapi cuma di tempat dengan atap yg lapang lainnya

      Hapus
    3. betul betul betul..
      bisa di aplikasikan di tempat2 yang terbuka lainnya :D

      Hapus
  26. Penggunaan energi matahari memang sangat menjanjikan sebagai sumber energi alternatif di masa yang akan datang, tapi sayangnya teknologi ini mahal dan butuh dana investasi yang ndak sedikit jika dibandingkan dari minyak bumi atau batabara, makanya saat ini masih sedikit orang mau menggunakannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow..
      nggak mampu dari mana coba?
      negara kita kan kaya..

      mulai sekarang kita musti BONGKAR kebiasaan lama menggunakan energi fosil.
      mulai menggunakan energi energi yang ramah lingkungan dan dapat diperbarui.
      jangan berfikir yang enak enak di depan, murah dsb. tapi nggak enak buat anak cucu kita..
      wkwkwkwkwkwkwkwkk

      Hapus
  27. Sejatinya jika kekayaan alam Indonesia dikelola dengan baik dan tidak dikorup, pastilah negara kita tidak akan kekurangan energi. Salam kenal:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.
      minyak n energi fosil pasti akan habis mas bro..
      nah kita musti mikirin energi alternatif yang terbarukan..
      jadi kalo cuman ngandalin minyak ya gitu deh...

      Hapus
  28. Posting yang berisi informasi luar biasa, sudah pasti akan banyak sekali energi yang di hasilkan.
    terimakasih artikelnya.

    BalasHapus
  29. Nice post gan
    jangan lupa kunjungan persahabatan bro..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. YA YA YA YA.
      trimakaaih, nice koment gan

      Hapus
  30. koe owg pinter nemen to le..le...maeme opo....hihihi

    solo..solo...solo... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. maeme kembang setaman mbak....

      pe kalong kalong kalong kalongan.. :p

      Hapus
    2. wa iki, ngepasi jum'at kliwon....

      srabi2...sosis2...soto rumput2... :p

      Hapus
    3. maksude opo to yow... T.T
      kangen srabi mbi sosis T.T

      Hapus
  31. andai ja di indonesia orang tehniknya dihargai... pasti negara ni maju... isinya politikus mulu sich yg dipikir politik doank sama pencitraan. huft.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahaha, ini perlu diluruskan mbak :D
      walopun saya sendiri anak teknik dan mendukung pendapat mbak, tapi ya nggak gitu juga kalik..

      ntar anak kimia, anak ekonomi, bahasa, seni, pada protes..
      :p

      seharusnya mereka yang ahli dibidangnya diberikan fasilitas, dan dana agar bisa merealisasikan ilmu yang mereka tekuni, sehingga nggak terjadi miss efisiensi kerja.

      hahaha, nggak donk mbak? sama donk :D

      Hapus
  32. semoga dapat I-pAd ...... dan kalo menag jangan lupa beli obat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. taek kau nirr..
      wis maju seminar nggak ngetok nyang lab..
      sibuk yak e,,

      Hapus
  33. bentuk kontruksi SPBU mantap kawan

    BalasHapus
  34. Wah, kalau begitu jadinya bakalan lebih banyak energi, ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak juga sih om...
      energi ntu tetap kok, nggak nambah cuman, energi matahari yang jarang digunakan, dan hanya dibuang akhirnya dimanfaatkan untuk menjadi listrik.

      hahahah :D

      Hapus
  35. .. wachhhhh,, aq kira udah ilank nich. ternyata,, he..86x ..

    BalasHapus
  36. mulai sekarang harus memikirkan energi alternatif nih,

    salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, betul om.
      yang berbau kimia kimia gitu

      Hapus
  37. org klu mo kreatif emang mencengangkan..
    secara teknis.. saiia gag terlalu ngerti sama istilah2nya.. tapi .. keren lah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha.
      sama om, saya juga nggak paham :p

      Hapus
  38. Sayang pemikirang cerdas bangsa ini memang sengaja dibuat mandul atau apa ya ? he....x9

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak.
      kebanyakan pake hp china sih..

      senengnya blog q dikasih komen dari macbook baru.. :p

      Hapus
  39. wong arab kok isa nulis basa Indonesia ya...hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. arabian oil :p

      kan aq keturunannya nabi adam.
      lagian nabi adam kan pakenya bahasa arab, yo brarti aq keturunan arab :p

      Hapus
    2. keturunan arap ya/ Rap ~ ara pati nggenah kan?

      Hapus
    3. rap pathek en mbak yak?
      :p

      lhoh kok namane sama? kembar yak? :p

      Hapus
  40. Kalau nti mobil hybrid sdh di produksi massal, kira2 aku sdh mampu beli gak yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saja bisa, ntar mbonceng ya mbak ke Solo :p

      Hapus
    2. sik sik sik.
      emang aq mbahas mobil hibryd pow?

      Hapus
  41. Bener banget sob pendapatnya, saya malah tidak kepikiran hal itu..
    Kreatif banget, semoga dengan adanya artikel ini dapat direalisasikan oleh pemerintah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin dah, semoga ada yang baca dan merealisasikannya, bukan hanya pada tempat ini, tetapi pada berbagai tempat seperti pelosok negeri

      Hapus
  42. udah koment mas e, disuruh koment terus rek rek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaa, jiah komennya mah elek :p
      macacih yak :D

      Hapus
  43. mantap ni sobat...
    ide sederhana yang jossssss

    banyak energi alternatif yang tidak dilakukan, padahal perlu menambah sedikit biaya untuk membuatnya... :) maybe

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya om, semoga nggak hanya mengandalkan energi fosil, tetapi juga energi terbarukan lainnya :D

      Hapus
  44. tu banyak istilah2 yang gak aku ngerti, kasih semacam pengertian gtu dong. klo dalam bahasa pas kita bahas text semacam ada vocabulary nya gtu.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaaa, iya deh kapan kapan di tambahin :p

      Hapus
  45. wah, inovasi yang sangat membangun negeri kita ini..
    ide semacam ini harus kita terapkan dan ditinggikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya om.
      selalu yang sepele ntu dipandang sebelah mata

      Hapus
  46. Assalaamu'alaikum wr.wb, Mohamad...

    Kita jarang mensyukuri segala nikmat Allah yang percuma.
    Selalu mengganggap sepele atas kurnia yang bisa membantu manusia menghidupkan dirinya di muka bumi ini.

    Semoga Indonesia akan bertambah membangun untuk kehidupan rakyatnya.
    hargailah apa yang sudah ada di lingkungan kita.

    Salam kenal dan selamat tahun baru dari Sarikei, Sarawak. :D

    SITI FATIMAH AHMAD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam Sarikei sari sarawak.
      memang seharusnya kita bersyukur..
      untuk apa?
      ya untuk semua yang kita hirup dan kita injak.

      salam kenal dan tahun baru yak :D

      Hapus
  47. super sekali tulisannya! (y)

    BalasHapus
  48. Selamat ya mas, semoga semakin eksis ngeblognya, salam dari madu lombok

    BalasHapus
  49. selamat atas kesuksesannya, nice post... :D

    BalasHapus