Bergumul dengan Arc de Triomphe Parencis Bergumul dengan Arc de Triomphe Parencis ~ Kempor.Com Bergumul dengan Arc de Triomphe Parencis

Rabu, 27 Februari 2013

Gumul, Arc de Triomphe nya Parencis sudah saya panjat dengan tangan kosong. Bangunan yang terletak di parencis ini pasti sudah nggak asing lagi di telinga dan mata dunia (lebay). Bangunan ini berdiri di area seluas 804 meter persegi, dengan tinggi bangunan mencapai 25 meter dan terdiri dari 3 lantai. Merupakan pertemuan dari 5 jalan dari berbagai penjuru dunia yang menjadi satu dan bertemu di dalam lingkaran bangunan besar. Sangat angkuh dan kokoh jika dilihat dari kejauhan.

simpang lima gumul
Gumul, salah satu ikon kota Kediri yang tegak menjulang membelah langit

Bangunan yang mengadopsi gaya arsitektur dari Arc de Triomphe ini terletak di kota Kediri. Jika kamu jalan jalan dari Pare ke arah Kediri pasti nggak bakalan melewatkan bangunan megah ini. Saat pertama melihat, saya pikir bagunan ini hanya merupakan monumen yang difungsikan sebagai tugu. Tetapi setelah didekatin, di lantai bawah terdapat lift menuju lantai atas. Berarti bisa cari angin di atas donk, eh tapi sayang nggak bisa dipakai tuh liftnya, padahal pengen banget naik ke atas lihat pemandangan kota Kediri.

lift gumul dikunci
nggak oke banget liftnya digembok

Bagi yang pertama ke Gumul, pasti bingung dimana parkir motor, mobil atau bis nya yak?. Tempar parkir terletak di sisi luar setelah bundaran, sedangkan akses dari parkiran ke bangunan ini bisa menggunakan terowongan yang terletak di bawah jalan, jadi nggak nyebrang dari jalan raya. Untuk tiket masuk sendiri kemarin nggak ada tuh, alias FREE, hanya bayar Rp1.000,00 buat parkir. Fasilitasnya lumayan gahul, ada free hotspotnya juga kemarin (tapi belum ane coba seh). Lingkungan lumayan bersih, banyak tempat sampah tersedia, dan nggak ada pengemis ataupun tukang jualan makanan disini. Jempol deh kebersihannya.

Secara keseluruhan tempat ini cocok digunakan sebagai tempat kumpul kumpul atau gathering, bisa juga digunakan sebagai tempat istirahat waktu perjalanan jauh, atau sekedar tempat nongkrong sama pacar pas malam minggu (jika jomblo ya nangis wae). Sayang kemarin saya datengnya pas siang hari, jadi ya nggak terlalu bagus jika dibandingkan sewaktu malam hari. Apalagi nggak bisa naik ke atas, payah.

memanjat monumen gumul
liftnya digembok, terpaksa manjat!!!!

Disisi lain dari kemegahan bangunan ini, teringat gapura yang masih dibangun di kota Solo, letaknya disebelah barat kota Solo. Terdapat indikasi korupsi dalam pengerjaan bangunan selamat datang di kota Solo tersebut, Apakah Gumul yang di Kediri ini juga sama? mendapat terpaan gosip korupsi? "Yo mbuh yoo...".

Tetapi setelah saya gugling dan mendapatkan beberapa situs yang membahas gumul, ternyata emang bener, ada beberapa gosip mengenai tindakan korupsi yang nggak diangkat ke permukaan dalam pembangunan monumen ini. Apalagi denger kabar monumen ini belum selesai 100% karena ada rencana pembangunan mall dan gedung lain di sekitar monumen ini. KORUPSI lagi??? emang gue pikirin apeh? Gosip nggak jelas nggak usah digubris, hahahaha, yang penting monumen sudah jadi dan terlihat megah.

Langsung ke penutup saja, apabila lift pada simpang lima gumul ini bisa dioperasikan, dan mungkin diberikan petugas ataupun satpam pastilah tempat ini akan lebih menarik. Menikmati sejuknya kota Kediri di siang hari, ataupun dinginnya kota Kediri di malam hari. Berhiaskan kerlap kerlip lampu kota di ketinggian 25 meter akan menambah daya tarik wisatawan lokal. 

monumen gumul
bangunan nggak kreatif, robohkan!!!!



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

50 comments:

  1. Terus kamu nagnis gak, Mas? #eh. . :D
    Menurut saya bangunannnya bagus tuh, aja dirobohna. . .
    MElasii huuu. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehehehehe,nggak tuh, kan aq dah gedhe :p
      melasi????

      Hapus
    2. Melasiii sun tansahkeee kinusap ngendi ratrimuuu~

      Hapus
    3. melasi ing tansah kelingan pengen ndupak raimu Un~

      Hapus
    4. Gak tau hahaha,
      tapi aku rasa-rasa gak enak :p

      Hapus
    5. enak donk kalo depannya dikasih kata coklat

      Hapus
    6. Tapi lebih enak kepastian... *masih aja*

      Hapus
  2. Balasan
    1. hahahaha, yang moto pothograper handal
      di import langsung dari padang :p

      Hapus
  3. SLG Simpang Lima Gumul, ke selatan dikit sudah nyampe rumahku Kang (30 km hhh. Kalo ke tempat ini mending sore ato malem Kang, mesti rame

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah nggak tau nih, kemarin adari TA ke sby kang.
      mampir pare bentar, melepas kangen,

      tau gitu maren ke tempate sampeyan...
      sapa tau dapet duren yak :D

      Hapus
  4. wkwkkkw...ikutan manjaat doonkkk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahahaha, hayuk mbak..
      tapi inget,,,
      gopek dulu,,,

      Hapus
  5. eeh sopo sing moto kuwi mas? pacet pendek toh rambut e :D

    Liat arc dan parenci tak kirain perancis lho, leg onok gosip ora usah di gubris yoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada deh, yang jelas bukan yang deket kos q :p

      ini ciyus, di parencis.
      iya gosip :p

      Hapus
    2. sopo sing cedek kos muh mas, mbak2 di sakinah yaa :p

      eeh benran sapa kok :p

      Hapus
    3. yang jelas nggak kuliah di itats :p

      Hapus
    4. iihhh arek iki rek sebut merek, pites lho yaa :p

      Hapus
  6. bangunannya bener2 keren...sayang liftnya digembok...kenapa yach? rusak kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya dibuka kalo pas ada acara2 tertentu, ato mungkin emang rusak?
      aq nggak nanya kemarin :p

      Hapus
  7. keren banget bisa foto di arc de triomphe :)

    BalasHapus
  8. Itu bangunan kira-kira tujuan pembangunannya apa ya Mas? Masa iya segitu mulianya yg membangun ini cuma sebagai tempat nongkrong hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ya itu yang belum aq tanyain :p
      katanya sih monumen, eh kok ada lift dan terdiri 3 lantai.
      pasti ada tujuannya yak?

      biar ada yang bisa di korupsi :P

      Hapus
  9. Belum 100%, belum ada eiffelnya ya...
    Gantengan ni yeee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kyknya mau dibangun menara eipel disono, kan masih luas tuh areanya....

      gantheng donk, sapa dulu :p

      Hapus
    2. He em ganteng dari belakang...

      Hapus
    3. ada yang gantheng lagi sih, tapi nggak usah ah di sebarin :p

      Hapus
    4. Mauuu liat yang ganteng :x :x :x

      Hapus
    5. pantengin saja kempor.com selalu :p

      Hapus
  10. itu yang bener yang mane yang mpunya blog..
    yang manajat rambutnya cepak, yang ini gondrong..
    hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wehehehehehe, ad adeh, yang mana aja boleh mbak :p

      Hapus
  11. bhahaha, gokil, besok gue mau posting yang gue lagi panjat pinang ah... :p

    BalasHapus
  12. Нɑнɑнɑнɑнɑ parencis ..

    Saya orang blitar tapi baru sekali ke sana, itupun jauh di luarnya :D

    BalasHapus
  13. Kok duren? ​♌⌣__ ⌣♌◦°◦ºº

    BalasHapus
    Balasan
    1. duda keren

      emotnya juga keren nih ♌⌣__ ⌣♌◦°◦ºº

      Hapus
  14. Huhuhuhu aku wae yang orang kediri belom pernah kesana :(
    cuma numpang lewatt

    BalasHapus
  15. aku juga gak ngerti tuh
    apa maksudnya bikin bangunan yang mirip sama kayak di perancis ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mungkin gitu mbak :p
      hehehehee..
      biar wow gitu

      Hapus
  16. kapan ya... ada yang ngajak kesitu... *mupeng*

    BalasHapus
    Balasan
    1. tau deh yang rumahe deket situ :p

      Hapus

Mohon tulis nama asli/panggilan/lapangan/panggung/pena etc.
No keyword, No spam, ataupun hal-hal yang jelas.

Terima kasih sudah comment.