Diffusion Absorption Refrigeration freak Diffusion Absorption Refrigeration freak ~ Kempor.Com Diffusion Absorption Refrigeration freak

Senin, 18 Februari 2013

Diffusion Absorption Refrigeration atau sering disebut mesin pendingin difusi absorbsi merupakan sebuah susunan kata tanpa makna yang membuat saya galau mendunia setiap malam. Judul yang aneh dan berbau teknik???, pastinya kali ini saya akan membahas masalah kuliah yang tak kunjung berakhir. Oh Sial!!!!, dengan berat hati akhirnya saya memberanikan diri untuk membahas masalah kuliah lagi kali ini. Iya, KULIAH!!!

Diffusion Absorption Refrigeration merupakan tema yang saya angkat dalam tugas akhir yang terakhir ini. Secara umum, jika menggunakan kacamata orang awam, mesin pendingin difusi absorbsi merupakan sebuah alat yang bisa mendinginkan "sesuatu" menggunakan panas dari "sesuatu", bingung kan?. Ane dulu juga gitu gan, udah pegangan cewek tetep aja bingung Gan.

Saya ambil contoh sebuah kulkas, atau lemari es, atau frezzzzzzzer lah. Fungsi dari kulkas yang utama yaitu mendinginkan "bahan makanan". Sehingga diharapkan kondisi dari bahan makanan akan tetap segar walaupun berhari hari dicuekin. Kulkas sendiri memanfaatkan "energi listrik" untuk mengerakan kompresor sehingga dapat mendinginkan ruangan di dalam kulkas, tentu saja dengan berbagai komponen pendukung lain seperti evaporator, kondensor, dan katup ekspansi. kalau bingung baca sini dulu gan

Contoh yang kedua yaitu AC, bukan Angin Cendela, ataupun Angin Cemilir, yang saya maksud kali ini adalah "Air Conditioner". Fungsi utama dari AC yaitu "mendinginkan" atau menyerap panas dari ruangan dan juga menjaga kelembaban udara dalam ruangan yang akan dikondisikan. Layaknya Kulkas tadi, sebuah AC membutuhkan "energi listrik" untuk mengkondisikan (mendinginkan dsb) ruangan tertentu.

Persamaan dari kulkas dan AC apa coba? yang jelas kedua benda tersebut sama sama mendinginkan "sesuatu" dengan menggunakan "energi listrik" dan secara keseluruhan, komponen dari AC dan kulkas adalah sama. Ada kompresornya, kondensor, katup ekspansi dan juga evaporator. Perbedaannya hanya "korban" pendinginan tadi. Yap, Makanan dan Manusia, tapi sama sama pakai M dan sama sama terdiri dari 7 huruf.

Nah, Balik ke Diffusion Absorption Refrigeration tadi. Alat ini fungsinya sama seperti kulkas dan AC, yaitu mendinginkan "sesuatu". Bisa minuman, sayuran, susu, telur, tomat, paprika, sambel sisa kemarin, makanan sisa kemarin, nasi goreng, mie ayam, bakso, lontong balap, penyetan, gado-gado, rujak cingur, pokoknya semua bisa masuk perut. Yang keren dari alat ini nih, mesin pendingin difusi absorbsi ini nggak butuh yang namanya listrik, SAMA SEKALI nggak butuh listrik.... sumprittt...

Keren kan tuh?? rambutnya..

Yang dibutuhkan alat ini hanyalah kasih sayang seorang engineer, hehehehe.
Yang dibutuhkan hanya sumber panas doank donk. Jadi Surabaya yang panasnya minta ampun ini, ternyata bisa dimanfaatin buat mendinginkan "sesuatu". Kalau dijabarkan secara bahasa teknik itu gini, "manas manasin tapi malah jadi dingin" -_-"

Masih belum kebayang???
Jadi mesin pendingin difusi absorbsi ini memanfaatkan energi panas yang terbuang, entah itu dari mesin mobil, motor, mesin diesel kapal, panas buangan dari pabrik, panas matahari atau apapun yang panas dan belum termanfaatkan (waste energy). Dan memanfaatkannya untuk mendinginkan bahan makanan, minuman, ataupun ruangan. Tentu saja performansi dari mesin pendingin difusi absorbsi ini jauh dari AC ataupun kulkas yang pakai listrik. Tapi inget, TANPA LISTRIK loh, dan juga tanpa suara (noise free), pokoknya yahud banget dah.

Diffusion Absorption Refrigeration bisa diaplikasikan pada kapal nelayan yang membutuhkan media pendingin untuk ikannya, sumber panas bisa diambilkan dari panas mesin kapal ataupun dari matahari, sehingga akan lebih menghemat solar yang biasanya digunakan untuk mendinginkan ikan. Selain itu Diffusion Absorption Refrigeration juga bisa diaplikasikan pada perusahaan ataupun pabrik pabrik yang memiliki panas buang, seperti boiler pada pembangkit dsb. Dan yang paling keren nih, apabila mesin pendingin difusi absorbsi ini dikembangkan untuk pendingin ruangan, pastinya panasnya Kota Surabaya akan menjadi bahan pokok untuk mendinginkan setiap bangunan di kota ini. Asyik kan?????? Untuk cara kerjanya ane bahas kapan kapan saja :D



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

22 comments:

  1. IKI po hasil TA-mu?

    order satu ya, bebas ongkir dan bebas biaya lainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata katane meremehkan banget T.T

      tapi suwun ya mbak :D hasilnya A besar.
      kakakakakak

      Hapus
    2. ITU BUKAN MEREMEHKAN, TP SANGAT percaya kalau karyamu eligible. Makanya semnagat order tuh...#ta tunggu kiriman coolernya lho

      Hapus
    3. aq emang cool mbak.
      oh iya, untuk karya seni ini belum di publikasikan karena masih rahasia CIA, FBI, dan KGB.

      Hapus
  2. wah .. suamiku pasti senang kalau diminta otak atik mesin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. welehedeleh, ini bukanlah mesin.
      tapi ini sebuah cinta :p

      Hapus
    2. tanda tanya seharusnya didahului kata tanya

      Hapus
  3. oh gitu...
    keren. mudah-mudahan bisa jadi pengusaha kulkas :D

    BalasHapus
  4. ajib..jarang-jarang loh ada mesin yang bisa jalan tanpa listrik...ini bisa jadi temuan luarbiasa...saingan dengan mobil listriknya dahlan iskan ...salam sukses selalu dari makassar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak ada hubungannya klik mesin mobil sama mesin pendingin T.T

      salam panas dari Surabaya donk :D

      Hapus
  5. jadi besok bikinin sijo yoo mas, gratis toh gawe ngademin atiku :p

    TA ne berhasil, terus wisuda ne kapan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah kusiapin nih dideket dada q mbak.
      Kipas DC bertenaga baterai AA untuk dinginin hatimu.

      ayo mbak daftar jado pendamping wisuda q :D

      Hapus
    2. hhahaha aku baru liat lagi yang koment ini :p

      itu kipas DC bertenaga baterai AA i opoh toh mase :p
      yen didada muh hadoohh deket2 dong :p

      kan udah kemarin :D
      hahaha ciyee yang udah wisuda niyee :D

      Hapus
  6. wadooohh seneng otak atik tuh ..
    suamiku paling seneng kalo di suruh otak atik tuh..macgyver

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekekekekekkeke,
      jadi inget pilmnya mac gevper :D

      Hapus
  7. oww ... ini tulisannya anak teknik tah, hmmm bisa neh ... dikirim ke kalimantan kalo dah lulus ~ orangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan om ,,,
      ini tulisan anak sastar, bisa dilihat ketidak jelasan penekanan kata dan alur yang bolak balik kyk setrika.

      masalah barangnya masih penelitian mas bro :p

      Hapus

Mohon tulis nama asli/panggilan/lapangan/panggung/pena etc.
No keyword, No spam, ataupun hal-hal yang jelas.

Terima kasih sudah comment.