Museum Karst Dunia Pracimantoro Museum Karst Dunia Pracimantoro ~ Kempor.Com Museum Karst Dunia Pracimantoro

Minggu, 21 April 2013

Perempatan Praci, kalau dari Solo nanti belok kanan. Kalau sudah sampai di sana tinggal tanya ibu ibu penjual makanan disana. Museum Karst Dunia sebelah mana? pastilah nanti dikasih tahu lokasinya.

Oh iya, sebelum melanjutkan ceritanya, kakak mau kenalan dulu sama Keke dan Nai yak. Kali ini Kakak mau kasih lokasi jalan jalan buat Keke dan Nai yak. Letaknya di daerah Wonogiri, tahu nggak wonogiri sebelah mana??? Kalau belum tahu Keke sama Nai buka google map aja yak :p. Kalau sudah, nanti cari wilayah Pracimantoro, pasti ketemu deh.

Nah di daerah pracimantoro tersebut ada sebuah museum yang baru saja di resmikan beberapa tahun yang lalu. Namanya museum karst dunia. Selain museum karst, di sana juga terdapat beberapa gua yang bisa dimasukin sama Keke dan Nai loh. Kakak sebutin satu satu yak, ada Gua Tembus, Gua Sapen, Gua Gilap, Gua Mrica, Gua Sodong, Gua Potro, dan Gua Sonya Ruri. Dan kalau masih punya waktu, nanti bisa main ke pantai deket sana. Banyak banget pantainya, salah satu yang pernah kakak datengin yaitu pantai Klayar. Masih sepi, jadi kalau mau Keke dan Nai main aja ke Pantai Klayar dan pantai di sepanjang laut selatan sana.

Tapi sayang sekali, kali ini Kakak mau mbahas tentang Museum Karst Dunia, jadi ke pantainya nggak Kakak critain kali ini.

museum karst dunia
di lantai 3 kayak nonton bioskop
Sebelumnya, Keke dan Nai tahu nggak apa itu Karst???
Kalau belum tahu, tanya kak K'Aie yak artinya Karst. Atau sempetin nonton film mengenai karst di Indonesia di museum karst dunia saja, tepatnya dilantai 3 museum. Kalau singkatnya, menurut kakak karst itu ada hubungannya sama gua. Jadi di daerah Pracimantoro terdapat banyak gua alami, bukan gua buatan jepang atau belanda. Makanya Keke dan Nai musti nonton video penjelasan bagaimana kok bisa daerah Wonogiri, Gunung kidul dan sekitarnya susah air.

museum karst dunia
Temen temen kakak lagi pada liatin ornamen nih
Setelah nonton pilm, nanti Keke sama Nai bisa turun ke lantai 2 dan lihat lihat ornamen ornamen di dalam gua, ada gambar, ada juga bentuk aslinya. 

museum karst dunia
Kakak lagi liatin batu batu jaman purba tuh
Dari lantai 2 Keke dan Nai bisa lihat ke lantai 1 (tapi inget hati hati yak) penampakan kawasan karst kalau dilihat dari atas. Jad tanah disini nggak kayak di kota, disini jalannya nggak rata, jadi naik turun, banyak bukit bukitnya, kadang tinggi kayak tower tuh.

museum karst dunia
Nah kalau dari lantai 2 bisa lihat kawasan karst dari atas

Setelah puas puasan di lantai 2, nanti Keke dan Nai bisa turun ke lantai 1 dan berfoto foto sama manusia Gua, ramah loh manusia guanya :D

museum karst dunia
Manusia guanya nggak pakai baju, kuat yak nggak kedinginan
Kalau Keke dan Nai termasuk anak yang Berani dan nggak takut gelap, bisa coba deh mampir ke Gua tembus. Letaknya di sekitar museum karst dunia, jadi Keke dan Nai musti pakai senter kalau mau masuk.

museum karst dunia
Ada temen temen Keke dan Nai pada foto foto di dalam gua, asyik kan???
doc FCS
Itu tadi cerita Kakak pas waktu kemarin maen ke museum karst dunia Pracimantoro. Tapi hati hati yak kalau kesini, musti jadi pemberani dulu. Keke dan Nai pernah naik gunung kan? sekarang saatnya nyobain masuk gua sama main main ke museum, kalau sempet yak ke pantai sekalian.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

20 comments:

  1. Waaa menarik...
    Dalemnya apik juga ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam hati kakakakaka #pancing

      Hapus
    2. apa seh loh -_-
      kok pake pancing segalak -_-

      Hapus
  2. muantappppp.... tuh... keren juga.. isinya....
    salam blogger... cemunguttttt.. :)

    BalasHapus
  3. traveling ke museum karst solo yang asyik sepertinya,, itu manusia gua sampai hari ini belum mau pakai baju juga ya, hehehe, bandel itu memang , hhahaha

    keep share

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan di solo om, tapi pracimantoro :D

      Hapus
  4. Weeh yang mainn terus, anak caving yaa mas :D

    kayak e pernah liat deh foto2nya itu :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. main opoh...

      emang iyak? kapan? :p

      Hapus
  5. wwah..keren..jadi kepengen ke sini ..
    museumnya bagus ya...lantainya aja mengkilat he..he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga museum DUNIA :D
      dan soal mengkilat kan emang masih baru, dan juga pelayanannya mantaph ramah banget.
      mungkin perawatannya juga , jadi gitu deh, kinclong :p

      Hapus
  6. museumnya bersih bgt. terima kasih udh berpartisipasi ya :)

    BalasHapus
  7. kok apik yo.. hehehe. *mupeng*

    BalasHapus
  8. hehehe, ak ikutan nampang aah....
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, kehormatan bagi saya untuk membalas komentar ini :p

      Hapus
  9. wah keren museumnya, ada akses kendaraan umum ga om buat menuju lokasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya nggak ada mas bro, ada nya ojek doank.
      kalo angkot nggak ada :D

      Hapus

Mohon tulis nama asli/panggilan/lapangan/panggung/pena etc.
No keyword, No spam, ataupun hal-hal yang jelas.

Terima kasih sudah comment.