Estetika olah Omah Estetika olah Omah ~ Kempor.Com Estetika olah Omah

Kamis, 23 Mei 2013

Kemarin dengan tidak sengaja saya mendengar perbincangan singkat antara penghuni kost yang kamarnya di bagian pojok sebelah depan, dengan pemilik kost yang sedang tebar pesona. Dalam suasana sore hari menjelang malam tersebut, Pak agus selaku penghuni kos yang sedang asik mencuci mobil kesayangannya berkata 

"Lunasnya mobilmu berapa tahun lagi Jo?"

"Masih lama om, 4 tahunan lagi" Jawab si Bejo sambil uthik uthik udel bodhongnya.

"Namanya juga masih lajang Jo, dinikmatin saja. Beruntung kau sudah bisa beli mobil sendiri. Walaupun masih kreditan, tapi kan itung itung buat mas kawin ntar" Canda pak Agus yang menurut saya nggak lucu.

"Iya om, Sekarang juga lagi nyari rumah. Kalau bisa di daerah Surabaya atau Gresik deket deket sini". Sambung Bejo sambil menikmati bau jari kelingking bekas uthik uthik udel bodhongnya tadi.

"Loh, kemarin saya lihat ada yang mau jual rumah, tapi daerah Krian sana"

Perbincangan singkat tadi seakan mencuci otak saya yang masih terngiang-ngiang soal perhitungan dan bahasa inggris yang baru saja berlalu. Sampai di dalam kamar kost, serasa memasuki dunia lain, sepi tanpa suara.

Penasaran dengan perbincangan mengenai rumah tadi, saya buka lagi materi tentang desain interior yang pernah saya kopas dari temen desain interior. Mengenai unsur unsur estetika, yang menurut saya menarik jika digunakan sebagai dasar pemilihan atau pembangunan suatu Rumah. Wujud, Bobot, dan Penyajian.

Menurut saya kenyamanan di dalam rumah sangat berhubungan erat dengan estetika dalam Seni Rupa. Karena dengan mencampurkan unsur tersebut di dalam rumah, seakan kita menikmati lukisan dengan cara menjadi objek di dalam lukisan tersebut.

Wujud sendiri merupakan hal pertama yang kita tangkap saat melihat suatu rumah. Melihat bentuk suatu rumah yang tersusun dari suatu titik, garis, bidang, ruang sehingga bisa kita tempati dan nikmati. Selain itu warna juga sangat berpengaruh dalam memberikan kesan nyaman, hangat, memiliki corak, nada, suasana dan jarak. Oleh karen itu, wujud merupakan unsur terpenting dalam suatu pelampiasan karya seni.

Bobot dalam hal ini memiliki arti tema yang diangkat dalam suatu rumah. Sering saya lihat di media rumah dengan gaya minimalis, alami, klasik, oriental ataupun elegan. Hal ini merupakan ide, pesan ataupun gagasan yang akan disampaikan pengkonsep rumah kepada penghuni rumah. Sangat penting memiliki suatu ide agar bisa dituangkan kedalam wujud suatu karya seni (rumah), sehingga memberikan suasana yang berbeda kepada penghuni rumah.

Penampilan erat kaitannya dengan sarana dan media, sehingga dihasilkan suatu karya seni (rumah) yang nyaman dilihat dan dihuni. Memerlukan bakat dan ketrampilan dalam menggabungkan unsur yang tersedia, dengan memadupadankan warna dan tema menjadikan sebuah karya seni rupa 3 Dimensi, bisa dilihat, diraba dan diterawang layaknya uang seratus ribuan. Bisa dinikmati seperti lukisan, dan dihuni seperti fungsi rumah pada umumnya.

karya seni dan properti
perpaduan karya seni dan rak buku yang enak dilihat
Mungkin ini saja yang bisa saya simpulkan dari materi estetika seni rupa, yang saya paksakan dengan konsep rumah hunian. Dan sebagai peringatan saja, tulisan ini merupakan pendapat saya pribadi, jadi jangan digunakan sebagai referensi tugas kuliah yak, hahaha.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

11 comments:

  1. wujud,bobot dan penampilan....rumahku baru masuk katogori wujud doang :)
    Rak bukunya bagus ,lebih bagus lagi jika ada kacanya ,sehingga buku aman dari debu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya om, baca baca dari materi anak seni rupa.
      wah nggak komen ah rak nya, ntu juga dri hardisk, cuman comot aja :D

      Hapus
  2. Eehh mase kapan punya rumahnya? mau dong main kerumahnya mase :D


    BalasHapus
  3. Untung saya gak kuliah
    *ngusap peluh*
    :P

    BalasHapus
  4. Gue belom punya rumah sendiri nih, entat aja.

    Itu rak buku keren banget.

    BalasHapus
  5. makasih buat tulisannya..
    itu rak bukunya punya sendiri? beli dmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak :p
      ntu dapet dari gambar di hardisk :D
      buat contoh aja, kalo seni n rumah = oye banget

      Hapus
  6. *sedang membayangkan sebuah rumah*

    BalasHapus

Mohon tulis nama asli/panggilan/lapangan/panggung/pena etc.
No keyword, No spam, ataupun hal-hal yang jelas.

Terima kasih sudah comment.