Kenapa belanja online? Kenapa belanja online? ~ Kempor.Com Kenapa belanja online?

Jumat, 29 Agustus 2014

Toko online sudah mulai menjamur di Indonesia. Rasa enggan berkunjung ke toko "nyata" menyelimuti para calon pembeli, hal ini disebabkan barang yang dicari belum tentu ada di toko yang mereka kunjungi. Untuk sebagian kaum pecinta shoping, tidaklah begitu berarti dia jalan kesana kemari melihat barang barang tanpa tahu apa yang mau dibeli, namanya juga shopingholic. Tetapi bagi sebagian kaum yang membutuhkan barang dengan "segera", jalan muter muter di toko dinilai kurang praktis dan buang-buang waktu. Maka inilah alasan kenapa banyak bermunculan berbagai online shop baik yang profesional maupun milik personal.

Lebih praktis

Contoh saja, saya mau naik gunung bulan September mendatang dan saat ini kondisi saya lagi nggak punya peralatan pendakian. Rencananya saya memakai peralatan ini secara kontiyu, jadi tidak asyik kalau setiap bulan menyewa alat pendakian di tempat sewa alat pendakian. Lebih baik saya beli aja dari pada sewa-sewa terus, dan akhirnya saya pergi ke toko outdoor.

"mbak ada sepatu gunung ukuran 42 waterproof nggak??"
"nggak ada mas, lagi kosong nih" jawab mbak penjaga toko yang cantik.
Abis itu pindah ke toko yang lain, bayar parkir dulu Rp.2000

"mbak ada sepatu gunung ukuran 42?"
"ada mas, komplit dari ukuran 37-45 ada semua" ucap mbaknya yang nggak jauh cantik dari yang tadi.
"solnya kok gini?, warnanya nggak ada yang lain mbak?, yang high ada nggak???"
"wah lagi kosong mas, coba minggu depan kesini lagi mungkin sudah ada" Jawab mbak nya yang hoby ngupil tersebut.

Akhirnya saya keluarin uang buat parkir, belum lagi starter vespa beratnya minta ampyun.
Nah tadi sedikit cerita khayalan dari sebuah kisah nyata, yang mungkin menggambarkan kenapa banyak orang yang lebih memilih belanja online dari pada nyari di tokonya langsung.

Nggak malu-maluin

hitech murah
Sepatu hitech ukuran 38 cocok buat cewek-cewek gagah. Mau??
Kalau pergi ke toko, trus nyari sepatu gunung dan tiba tiba barang yang dicari ada dan cocok banget dengan soul kita berarti tinggal dibayar aja kan?. Iya, Itu kalau di toko.

Berbeda kalau kita belanja di toko online, Udah cocok, model, bentuk, warna, bahan, pokoknya sreg banget deh. Tetapi pas dilihat harganya ternyata kantongnya nggak cukup tebel gimana?. Pastinya kita tawar terlebih dahulu kan, kalau nggak bisa yaudah nggak jadi beli. Bayangkan kalau di toko asli, udah cocok tapi nawar nggak bisa rasanya pengen ntu sepatu, eh duit nggak cukup. Endingnya nggak jadi beli gara-gara duitnya kurang. Malu deh...

Barang langka berceceran

Nah kalau calon pembeli merupakan kolektor barang langka, atapun pecinta motor/mobil tua pasti nyarinya barang yang tidak lagi dijual di toko. Kalau adapun barang/onderdil yang dicari, pasti mahalnya minta ampun maksimal dan biasanya inden. Berbeda jika kita lihat di toko-toko online, kadang barang tersebut ready stock dengan harga yang relatif lebih murah. Bukan hanya murah, kalau lagi bejo terkadang calon pembeli bisa nggak sengaja "nemu" barang yang diangap langka dan dicari-cari olehnya tapi nggak sengaja malah "nemu" di toko online tersebut.

Nggak jaminan juga semua lebih murah, terkadang harga di toko online lebih mahal daripada di toko asli. Biasanya online shop personal lebih murah dari pada yang online shop yang gedhe, tinggal bawaan hati yang punya barang juga sih.

Negatifnya juga banyak

Nggak cuman enaknya aja loh, negatifnya sebuah toko online juga banyak. Sering terjadi penipuan baik dari penjual ataupun pembeli, dari barang yang tidak sesuai, hingga tidak sampainya barang yang dibeli. Calon pembeli yang polos biasanya tergiur dengan harga murah di internet, sehingga dia langsung aja transfer duit kepada penjual abal abal tersebut. Transaksi perbankan seperti ini memang kurang begitu aman, walaupun kita sudah berhati-hati dan berpengalaman dalam jual beli online, lebih baik pakai system COD sehingga sama-sama enak. Kalaupun terpaksa, sebaiknya menyelidiki terlebih dahulu riwayat dari penjualnya.

karrimor woman series murah
Sepatu karrimor ukuran 39 buat cewek cantik yang suka traveling
Ngomong-ngomong toko online, saya juga lagi jualan via online nih. Kalau lagi butuh Sepatu gunung hitech dan karrimor buat cewek (2 gambar diatas) langsung aja email ke rivai.atwapala@gmail.com. Jaket gunung cozmeed juga ada loh.

Terimakasih.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

24 comments:

  1. Aku belum pernah praktek belanja online euy

    BalasHapus
  2. Mau dong mas sepatu hitech nya..
    Tapi yang ukuran 42 ya. ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius?
      Cewek biasanya 37-39 deh

      Hapus
    2. Serius..
      Gratis kan?
      Hemm.. ami biasanya 42 atau 41...

      Hapus
  3. ihir yang dapet job review lagi :D

    BalasHapus
  4. sekarang kalo nggak cocok bisa dikembalikan juga :)

    BalasHapus
  5. Aq butuuh sepatu gunung,
    nomer 38 yg warna pink ya?

    BalasHapus
  6. Assalaamu'alaikum wr.wb, Muhammad Rivai...

    Saya belum pernah belanja online kerana saya tidak mahu menanggung risiko seperti yang pernah saya lihat beberapa teman yang berbuat demikian. Jika tidak berhati-hati akan bisa tertipu. Namun tidak dinafikan ada yang jujur dan amanah. Saya lebih suka belanja dengan memilih sendiri di hadapan mata untuk menjamin kepuasan harga dan kialitinya.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak
    SITI FATIMAH AHMAD

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah namanya atuh :D

      ya saya juga lebih suka lihat langsung bu.
      tetapi terkadang kita membutuhkan barang yang mungkin nggak ada di lokasi kita.
      contoh saja barang2 langka yang sudah nggak di produksi, makanya harus nyari di luar lokasi kita.
      kalau barang tersebut mahal mungkin perlu kita samperin, tapi kalau cuman beberapa rupiah mendingan lewat jasa ekspedisi saja :D

      terimakasih

      Hapus
  7. belum pernah belanja online, tapi emg lebih enak online daripada datang ke tokonya langsung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. enakan dateng langsung :p
      ketemu mbak mbak cantik :D

      Hapus
  8. Saya biasa belanja ONLINE terbatas hanya baju dan busana anak anak saja. Selebihnya beli BUKU komputer dari berbagai toko online yang sudah punya nama karena relatif jauh lebih aman ketimbang toko online baru yang kurang dikenal. Sejauh ini aktifitas belanja online saya dalam batas wajar dan nominalnya juga kecil. Sejauh ini tidak ada masalah dengan belanja ONLINE sampai sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah belom ada masalah.
      emang lebih mahal dikit siii.
      tapi sesuai kalo kita nggak da waktu muter2 nyari barang :D

      Hapus
  9. Wah, kalau urusan belanja online aku lebih suka barang-barang yang bukan seperti sepatu, kemeja, atau apapun jenis pakaian. Biasanya lebih ke aksesoris atau gadget :)

    BalasHapus
  10. mas harga sepatunya berapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang mana kaka???
      email atau wasap aja.
      thanks.

      Hapus
  11. dengan adanya toko online sangat membantu sekali untuk bisa menemukan barang yang diinginkan dan di beberapa toko online harga barang biasanya ditawarkan dengan murah.

    BalasHapus

Mohon tulis nama asli/panggilan/lapangan/panggung/pena etc.
No keyword, No spam, ataupun hal-hal yang jelas.

Terima kasih sudah comment.