Janda umur 40 tahun - TTS (Tua Tua Semok) Janda umur 40 tahun - TTS (Tua Tua Semok) ~ Kempor.Com Janda umur 40 tahun - TTS (Tua Tua Semok)

Sabtu, 30 September 2017

Sudah lama Saya nggak nulis lagi di blog yang sudah kusam dan tak berpenghasilan ini, bukan karena nggak ada pulsa ataupun tidak ada bahan untuk ditulis. Tetapi karena emang lagi males aja kemarin itu, karena kerjaan yang selalu kesana kemari ditambah kebanyakan tidur dan nggak sempet begadang buat ngedraft, intinya Saya sok sibuk gitulah. Tetapi hari ini, berhubung sudah jadi pengangguran selama 2 bulan alangkah baiknya saya nulis lagi biar ada receh yang masuk ke kantong, buat mbayar BPJS sama beli pulsa.

Walaupun rambut saya gondrong dan muka saya item manis kayak seniman, sebenarnya saya dulunya lulusan SMK ternama di Solo, jurusan teknik mesin selama 3 tahun, trus nambah D3 belajar teknik mesin lagi disalah satu akademi terkenal se-Solo. Karena belum puas, nambah lagi kuliah S1 di Surabaya, kampus paling keren se-Jawa Timur temen deketnya ITB, itu yang suka ikut lomba hemat-hematan bensin. Begitulah kalau mahasiswa masih ngekos dan miskin, sukanya ikutan lomba yang ada hubungannya dengan ngirit, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

Dari sekian banyak postingan yang nggak bermutu di blog ini (sekitar 262 postingan nggak bermutu), sangat jarang yang namanya membahas otomotif sama membahas kerjaan saya. Padahal saya ini belajar teknik mesin 8 tahun loh, bayangkan kalau dikurs-kan ke masa-masa produktif, 8 tahun itu kalau sukses dan sehat bisa menghasilkan 3-4 anak. Kalau nonton bioskop udah ribuan film yang ditonton.  Oleh sebab itu, untuk mengawali hidupnya kembali blog ini, saya akan bahas otomotif dan nanti disusul ke pekerjaan saya, dan pastinya membahas perjalanan mendaki gunung-gunung di Indonesia lagi, karena basicnya emang blog ini membahas berbagai hal yang nggak jelas gitu deh, biar tambah nggak jelas.

Ok, kali ini saya mau membahas alat bantu perjalanan jauh saya, La Vespa...
Vespa Sprint V 150 ini yang beli sebenarnya adik saya dulu sekitar tahun 2008 saya lupa. Dulu beli cuman 900 ribu surat hidup dan mesin jalan, ditambah uang kanan kiri total 1,1 jt rupiah, dulu memang vespa dilihat sebelah mata, kalau sekarang nyari vespa harga segitu bisa diketawain ayam kate. Sekarang harga vespa dan motor/mobil antik pada menggila, vespa aja sekarang ada yang dijual sampai puluhan juta tergantung jenis dan tahunnya. Kalau duit cuman 1jt rupiah mending buat beli voucher streaming HOOQ aja bisa dapet 20 bulan streamingan serial tv ampek mabok.

vespa sprint V 150
Vespa Sprint 150 V yang abis dicat Ijo mengkilap, semok
Dahulu kala, Saya kalau berangkat kuliah naik sepeda gunung, sepeda ini saya pakai dari jaman SMP, SMK, sampai kuliah (bayangkan jarak rumah sampai kampus itu sekitar 11km an, kalau PP kan 22km tuh, capek deh ya?). Makanya saya pakai vespa sprint adik saya biar badan ini nggak terlalu atletis-atletis amat, selain itu memang punyane itu thok nggak ada pilihan lain. Kalau dulu punyanya Ninja 250, saya ya pake ninja ke kampus. Berhubung orang miskin, naiknya vespa aja pelan pelan asal nggak kreditan.

Salah satu kelebihan Vespa Sprint V 150 ini dari transmisinya yang puanjang buanget, ibarat tukang bakso nih, napasnya Sprint ini panjaaaaaaaaaaaaaaannng kayak mie nya Abang Bakso. Jadi kalau pindah gigi 2 itu nggak abis-abis sama gigi 4 nya puaanjang juga. Selain itu, mesin Sprint ini udah pakai Cranksaft (Bandul) yang guede pula, ibarat tukang bakso nih, Bandulnya Sprint ini Guedeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee kayak Baksonya Abang Bakso. Jadi kalau ada yang liat vespa-vespa tua sliwar-sliwer di tanjakan kayak biasa-biasa aja nggak ada sopan santunya ya emang karakter vespa bandul gedhe kayak gitu.

Selain buat kuliah, Vespa ini juga sering saya ajak maen latihan ataupun rapat kegiatan di luar kampus saya. Jadi yang dulu kuliah di Solo tahun 2009/2010 khususnya UNS atau UMS, pasti sering liat Vespa Ijo sliwar sliwer atau malah ndongkrok berhari-hari di parkiran kampus. Setelah pindah ke Surabaya, Vespa ini juga nemenin kuliah tiap hari di kampus Sukolilo. Bagi yang dulu ngampus di Surabaya tahun 2011-2013, khususnya teknik mesin ITS pasti sering denger Vespa digeber-geber sak modyare di parkiran. Bukannya Saya sombong pakai vespa, tetapi emang itu vespa karbunya sama platinanya bermasalah, jadi settingannya berubah-berubah. Kalau berangkat nggeber-geber di kos, kalau pulang nggeber-geber di kampus. Maafkan saya karena telah mengganggu kalian yang sedang rapat di Himpunan, haha!!!.

plat nomor vespa
Beli STNK, bikin plat nomer, buat pegangan kalau pak Pusili lewaaatz
Melihat bodynya yang sudah banyak karat, sekarang vespanya sudah mulai dipensiunkan, cuman buat wira-wiri seputaran solo dan dipanasin di rumah aja, takutnya kalau buat jalan jauh-jauh rontok di Jalan ntar karatnya. Selain itu, STNK vespa ini juga udah hilang bersama dompet seisinya dan uang 20 ribu saya, jadi agak was-was kalau lihat polisi-polisi pak ting tlecek di jalan. Bisa dibilang vespa Saya ini Janda ditinggal meninggal suaminya, karena cuman ada BPKB doank.

BTW vespa ini lahir di tahun 78 loh. Walaupun udah berumur hampir 40 tahun, vespa ini bodynya masih sesemok gadis umur 17 tahun. Walaupun banyak tattoo karat dimana-mana, Vespa ini tidak perlu diragukan lagi ketangguhan mesinnya. Sekarang mesinnya sudah saya upgrade pakai mesin vespa tahun muda yang udah pakai elektrik starter, cuman ada racikan gear yang saya ubah dan hitung secara ngawur biar dapet top speed tapi nggak terlalu lemot. Saya beli mesin dan gear set secara online, kalau mau beli gearnya silahkan belanja di toko online pilihan anda, soalnya sekarang belanja online sudah menjadi hal yang mudah dan wajar. 

Racikan gear vespa tersebut, saya konversi pakai calculatornya scooterhelp maka dapet deh hasil di bawah ini:

cara menghitung top speed vespa
Hasil perhitungan online top speed vespa di scoterhelp, joss kan?
Bisa dilihat secara teoritis, Vespa saya ini jalan di rpm 6000 top speednya nyampek 111 km. Padahal biasanya motor itu red linenya bisa sampai 8000 loh, jadi vespa tua saya ini top speednya bisa mencapai 149km/jam di gigi 4. Opo ora keren yo?

Tetapi itu semua sekedar teori, masih ada yang namanya praktek. Soalnya selama saya naik vespa, kok nggak pernah ada yang namanya kenceng, yang ada ya dibalap sama ibu-ibu pakai matic yang kalau mau lurus malahan nge-sign kiri tau tau belok kanan aja. Mak kluuuuweerrrr... Wooo Jancuk...

Indonesia Scooter Festival
Vespa saya aslinya kayak yang dipajang itu tuh, warna dan seri sama, cuman kepalanya beda
Naik Vespa itu asyik kok, asal nggak kebut-kebutan loh ya.
Naik Vespa itu juga gokil, pas mogok di jalan ditinggal jajan bisa hidup lagi.
Naik Vespa itu pastinya romantis, kalau sama pacar mblo.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

54 comments:

  1. Hahaaa ngakak, baca postingannya bro, Lanjutken

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat anda komentator pertama postingan nggak bermutu ini.
      Wakaka Cuk deh.

      Hapus
  2. Ahiyah... lawak kali yg part:

    Begitulah kalau mahasiswa masih ngekos dan miskin, sukanya ikutan lomba yang ada hubungannya dengan ngirit, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

    Ngalamin sih...

    salam kenal. follback ya.

    BalasHapus
  3. di dekat rumahku disebuah warung dipojokan terparkir banyak motor macam gini..

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Nunggu update-an mas kempor sampe jempor nih 1 tahun blm ada tanda - tanda juga akakakakakak...

    Emang simple update status sih kalo sekarang 😂

    BalasHapus
  7. Wah ngakak parah nih. tunggu update-an terbarunya maz. jasa video shooting dan jasa video company profile click profile

    BalasHapus
  8. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

    BalasHapus
  9. ok makasih buat infonya dan salam kenal

    BalasHapus
  10. mantap sob artikelnyadan menarik

    BalasHapus
  11. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  12. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  13. Wow vespa...
    saya sangat berminat sekali...

    BalasHapus
  14. sengangat terus ngeblognya mazz..

    BalasHapus
  15. Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
    Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
    Penasarankan Game nya Seperti apa???
    Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

    BalasHapus
  16. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

    BalasHapus
  17. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    BalasHapus
  18. ok mantap sob buat infonya dan salam kenal

    BalasHapus
  19. keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

    BalasHapus
  20. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  22. tua tua keladi makin tua makin menjadi :)

    BalasHapus
  23. wow really good informision got lot to learn. Desawar Result looking forward for more informative posts from you.सट्टा किंग recently searching for the relative informision got this Gali Result check it out.
    I want you to thank for your time of this wonderful read!!!
    we share all satta king, Gali Result, Desawar Result Results. satta king I definately enjoy every little bit of it and satta king I have you bookmarked to check out new stuff of your blog a must read blog It's a round of digits and karma, so play for entertainment only! satta king
    nice Post want To Discuss More On this topic Contact ME on satta king This Site.

    BalasHapus

  24. Link Di Bawah Ini Merupakan Situs Pkv Games Terbaik,dengan modal kecil anda bisa menang ratusan juta, dan pasti di bayar, dengan banyak bonus serta winrate game tertinggi menjadikan game pkv games kami sangat banyak di minati masyarakat indonesia.
    Pkv Games

    BalasHapus
  25. great man you are sharing really great content keep doing!
    here i am sharing you a best money winning site satta king

    BalasHapus
  26. I'm confident they'll come to be benefited from that site. สล็อตออนไลน์

    BalasHapus
  27. A person appear to understand a lot relating to this, such as you authored the actual guide inside it or even some thing. เล่นสล็อต

    BalasHapus
  28. artikelnya sangat bagus, terima kasih telah membagi informasi tersebut

    BalasHapus
  29. We have specially programmed ATMs that can be used to withdraw money at ATMs, shops and points of sale. We sell these cards to all our customers and interested buyers all over the world, the cards have a withdrawal limit every week.The programmed ATM card withdraw money from each ATM but have a withdrawal limit every week, only your PIN code is in it, it is a high-tech card system. The PROGRAMMED ATM card works on all card-based ATMs, anywhere in the world.
    -hack into any kind of phone
    _Increase Credit Scores
    _western union, bitcoin and money gram hacking
    _criminal records deletion_BLANK ATM/CREDIT CARDS
    _Hacking of phones(that of your spouse, boss, friends, and see whatever is being discussed behind your back)
    _Security system hacking...and so much more. Contact us now and get whatever you want at
    Email:creditcards.creditscoreupgrade@gmail.com
    whatsapp:+1785 279 3047

    BalasHapus
  30. sattaking welcome to our blog that presents a very complete information is Tech Phone ok now we will discuss the information you are seeking, may I guess if you are looking for information on 4 Steps Hacking Jcow Social Networking Web Server via Arbitrary Code Execution if properly come please continue reading until the end, we also provide other information, do not forget to get around:

    BalasHapus
  31. บาคาร่า กับการเล่นจากข้อบกพร่องของเจ้ามือ บาคาร่า
    บาคาร่า นับว่าเป็นเกมพนันออนไลน์ยอดนิยมสูงสุด ตั้งแต่เปิดบริการในระบบออนไลน์จนถึงทุกวันนี้ เนื่องด้วยการปรับแบบเกมให้เล่นง่ายดายมากยิ่งขึ้นแล้วก็เข้าถึงได้อย่างเร็ว มีให้บริการอยู่ทุกเว็บไซต์พนัน มันก็เลยเป็นลู่ทางที่ดีที่นักเสี่ยงโชคจะเข้าเล่นเพื่อทำเงิน ผู้คนจำนวนมากก็จะมีแนวทางและก็กระบวนการทำเงินที่ไม่เหมือนกันออกไป แม้กระนั้นน่าเชื่อว่ามีน้อยคนมากมายที่ต้องการจะเอาชนะเจ้ามือด้วยการดูเกมของเจ้ามือเป็นหลัก โดยเหตุนั้นวันนี้พวกเราจะพาทุกท่านมาดูกันว่าการเอาชนะเจ้ามือจะสามารถทำเป็นยังไง ดังต่อไปนี้
    ทราบถึงความอยากของเจ้ามือ บาคาร่า
    เจ้ามือ บาคาร่า ก็คือเว็บไซต์พนัน ซึ่งแน่ๆว่าสิ่งที่เจ้ามืออยากจากนักเสี่ยงดวงก็คือเช่นเดียวกันกับที่นักการพนันปรารถนาจากเจ้ามือ วิธีการทำเงินให้ได้สูงที่สุดเท่าที่จะทำเป็นแล้วก็เพียรพยายามให้เสียต่ำที่สุดแค่นั้น การเล่นพนันจากข้อด้อยของเจ้ามือก็เลยเกิดเรื่องที่ง่ายอย่างยิ่งข้อผิดพลาดจะเกิดขึ้นได้น้อย ขั้นต่ำเข้าพนัน 10 รอบช่องทางชนะจะต้องไม่ต่ำลงยิ่งกว่า 7 รอบ เจ้ามือจะเลือกรับประทานฝั่งที่มีคนวางเดิมพันไม่น้อยเลยทีเดียวเสมอ แม้กระนั้นถ้าว่าเงินที่ใช้ในการเดิมพันใกล้เคียงกันผลของไพ่บางครั้งอาจจะออกเป็น 2 ฝั่งเท่ากันได้ แต่ว่าการเล่นเสมอมีการเสี่ยงมากจนเกินความจำเป็นก็เลยไม่เหมาะสมต่อการเล่นทำเงิน ให้เน้นย้ำเล่นฝั่งเจ้ามือแล้วก็ฝั่งผู้เล่นแค่นั้น ถ้าในเรื่องที่เงินที่ใช้ในการเดิมพันของอีกทั้ง 2 ฝั่งเสมอกันให้หยุดรวมทั้งรอคอยรอบถัดไปแทน
    เล่นพนันกับข้อเสียของเจ้ามือพร้อมทบเงิน
    เมื่อทุกคนรู้กันแล้วว่าข้อบกพร่องของเจ้ามือเป็นยังไง ถัดไปทุกคนก็จำต้องเข้าทำเงินกับ บาคาร่า ให้ได้ โดยเฉพาะอย่างยิ่งใน sagaming เมื่อก่อนที่จะเข้าเล่นควรศึกษาเรียนรู้กรรมวิธีเล่นทบเงินไปใช้ด้วย เพื่อทำเงินให้เพิ่มเพิ่มขึ้นเรื่อยๆไปอีกอย่างเร็ว ไม่จำเป็นต้องใช้เวลานานๆสำหรับเพื่อการเข้าเล่น โดยมีวิธีการเล่นดังต่อไปนี้
    ● ตรวจสอบเกมก่อนเล่นเสมอ
    ถึงทุกคนจะทราบแล้วว่าการเล่นจับจุดอ่อนของเจ้ามือนั้นเล่นได้แบบง่ายๆเมื่อก่อนจะเริ่มการพนันควรจะทดสอบก่อนว่า วิธีที่พวกเราประยุกต์ใช้นั้นจะสำเร็จกับห้องพนันใดบ้าง โดยผู้กระทำดเข้าไปยังห้องพนันแล้วก็ทดลองพนันในใจดูกรว่าผลมันออกมาแบบไหน หากเป็นไปตามวิธีที่จัดแจงมาก็เลยค่อนไปสู่การเล่นพนัน
    ● เริ่มทุนต่ำสุดไหมเกิน 100 บาท
    โดยส่วนมากการวางเดิมพันบาคาร่า นั้นจะมีการวางอย่างน้อยอยู่ที่ 5 บาทขึ้นไป ควรที่จะเลือกวางเดิมพันให้เหมาะสมกับทุนที่ตัวเองมี แม้กระนั้นไม่สมควรรอบละ 100 บาทโดยเฉพาะอย่างยิ่งรอบแรก ถ้าเกิดยอดอย่างน้อยมันไม่พอก็สามารถเพิ่มอีกได้ตามสิ่งที่มีความต้องการแต่ว่าย้ำว่าไม่สมควรเกิน 100 บาทต่อรอบ
    ● รอบเล่นทบในรอบลำดับที่สอง
    กากรอบแรกวางเดิมพันไปแล้วชนะรอบลำดับที่สองจำเป็นจะต้องเริ่มทบทุนในทันที ได้แก่ รอบที่ 1 วางเดิมพัน 100 บาท ชนะได้ 200 บาทรวมทุน รอบที่ 2 วางเดิมพัน 200 บาท ชนะได้ 400 บาทรวมทุน รอบ 3 วางเดิมพัน 300 บาท ชนะได้ 600 บาทรวมทุน ฯลฯ เพียงเท่านี้ด้านใน 2 รอบจะสามารถดึงทุนเริ่มออกมาคืนได้รวมทั้งใช้เพียงแค่ผลกำไรที่ได้มาทบเล่นไปเรื่อยจนกระทั่งจะได้กำไรที่พึงพอใจแล้วให้หยุดเล่นโดยทันที

    BalasHapus
  32. “สติ” เป็นสิ่งที่ดีที่ช่วยทำให้คุณสามารถเล่น บาคาร่า ถัดไปได้ไม่น่าเบื่อ แถมยังได้กำไร
    ว่ากันว่า บาคาร่า เป็นเลิศในเกมไพ่เล่นง่ายแบบฐานราก แต่ว่าถึงจะเล่นง่ายยังไงเกมพนันก็คือเกมพนัน มีได้ก็จะต้องมีเสีย แม้กระนั้นจะทำยังไงให้ท่านสามารถเกื้อหนุนตัวคุณให้ได้โอกาสชนะรวมทั้งได้กำไรสูงขึ้นยิ่งกว่าผู้อื่นที่เล่นเกมและก็ได้รับผลกำไรมากพอจนถึงสามารถแปลงการเล่นเกมให้เปลี่ยนเป็นอาชีพหลักได้ง่าย

    วิธีการเล่นเกมไม่ให้เสียรวมทั้งเล่นเกมไม่ให้เบื่อ
    อย่างที่พวกเราทราบๆกันดีว่าเกมไพ่ บาคาร่า เป็นเกมเล่นง่ายที่มีวิธีการเล่นซ้ำแล้วซ้ำอีกไปบางโอกาส ซึ่งชอบมากับความเบื่อที่ผู้คนจำนวนไม่ใช้น้อยจำต้องพบเจอจากนั้นเมื่อเริ่มเบื่อคุณก็บางครั้งอาจจะหลงพนันไปแบบไม่ถูกแนวทางโดยไม่ได้ตั้งใจแล้วก็โน่นก็จะส่งผลให้เกิดความปราชัยระหว่างการพนันซึ่งจะก่อให้คุณรู้สึกขุ่นเคืองหรือโกรธจนถึงขาดสติ เผลอลงเงินเพิ่มไปเรื่อยจนถึงหมดกระเป๋า บาคาร่า
    ด้วยเหตุนี้วิธีแรกสำหรับการเล่นเกมคาสิโน ให้ไม่เคยรู้เบื่อก็คือ ความชื่นชอบ เนื่องจากว่าความชื่นชอบเป็นเรื่องจำเป็นที่สามารถช่วยดึงให้ท่านหันมาพึงพอใจกับเกมพนันเบื้องหน้าได้มากกว่าเดิม ในเวลาที่แม้คุณคาดหวังก็แค่จะทำกำไรก็บางทีอาจจะเลิกการเล่นเกมแล้วก็ทิ้งเงินที่ใช้วางเดิมพันไปซะก่อน
    ยิ่งไปกว่านี้การใช้สติเองก็ยังมีส่วนที่จะทำให้ท่านสามารถเล่นเกมถัดไปได้เรื่อยโดยที่ไม่รำคาญรวมทั้งรู้ดีว่าพวกเรามีเป้าหมายที่เป็นอยู่แล้วก็ทำอยู่นี้ไปเพื่ออะไรนั่นเอง
    แม้กระนั้นผู้เล่นก็ไม่จำเป็นที่ต้องเครียดมากเท่าไรนักเพราะเกมบาคาร่าออนไลน์จาก บาคาร่า เล่นง่าย ได้เงินไว ถึงมีต้นทุนไม่สูงมากมายก็ยังสามารถวางเดิมพันด้วยทุนต่ำ แต่ได้รับผลตอบแทนในจำนวนมากได้

    วิธีการทำผลกำไรกล้วยๆที่มือใหม่สามารถทำได้ด้วยสติ
    กระบวนการทำผลกำไรผ่าน คาสิโนไม่ได้ทำยากเพียงแค่คุณทราบแนวทางสำหรับในการเล่นรวมทั้งมีสติสัมปชัญญะก็สามารถทำเงินได้แล้ว โดยเริ่มจากการรู้จักต่อยอดผลกำไรและก็นับจำนวนผลกำไรที่ได้รับอยู่เสมอเพื่อการวางเดิมพันต่างๆผ่านการวางเป้าหมายเอาไว้ตลอดระยะเวลา

    ก็จบไปแล้วกับเรื่องราวของการใช้สติเพื่อเล่นเกมจาก บาคาร่า ที่นอกเหนือจากการที่จะทำให้เกมได้โอกาสชนะเพิ่มเยอะขึ้นเรื่อยๆแล้ว ยังช่วยทำให้คุณบันเทิงใจไปกับการเล่นตลอดระยะเวลาโดยไร้กังวล ดังนี้ไม่ว่าใครก็อาจชอบพอที่จะเล่นเกมแถมยังได้กำไรเยอะๆคือเรื่องปกติ ด้วยเหตุดังกล่าวก็เลยจะต้องจดจำไว้ว่าเมื่อเล่นเกมแนวพนันสิ่งที่ไม่สมควรลืมเป็นการมี “สติ” นั่นเอง

    BalasHapus
  33. keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

    BalasHapus
  34. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

    BalasHapus
  35. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    BalasHapus
  36. Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
    Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
    Penasarankan Game nya Seperti apa???
    Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

    BalasHapus
  37. Thank you for this appreciate it. "A man is able to learn wisdom from even a foe." by Aristophanes. เล่นบาคาร่าคลิกที่นี่

    BalasHapus
  38. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

    BalasHapus
  39. Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
    Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
    Penasarankan Game nya Seperti apa???
    Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

    BalasHapus
  40. Продукция съемные кассеты gillette купить оптом, это отличное начало нового бизнеса. Постоянные распродажи на съемные кассеты джилет фьюжен. Средства для бритья триммер-лезвие fusion стильные комплекты gillette купить оптом по оптимальной цене производителя. Отличная возможность приобрести лезвия джилет mach3, станки для бритья джиллет фьюжен проглайд, а также любой другой продукт линейки джилет мак 3 по оптимальной цене!. Всегда в наличии популярные одноразовые станки gillette 2.

    BalasHapus
  41. AUTOBETCASINO เล่น บาคาร่า อย่างไรให้ได้เงิน เคยไหม กับการเล่น บาคาร่า เพื่อต้องการเงินและกำไรจากการเดิมพัน แน่นอนว่า ทุกคนจะต้องอยากได้... ที่ autobetcasino

    BalasHapus
  42. Wow, pengalaman yang sangat menarik. Ditunggu postingan yang menarik lainnya.

    BalasHapus
  43. Wkwkwkwkwkw, tulisannya benar2 bikin saya enggak berhenti tertawa, Mas

    BalasHapus
  44. Thanks i get a lot information from this site

    BalasHapus

Mohon tulis nama asli/panggilan/lapangan/panggung/pena etc.
No keyword, No spam, ataupun hal-hal yang jelas.

Terima kasih sudah comment.