Selasa, 01 November 2011

5 Tips agar Lulus dalam Menghadapi Ujian (Insya Allah)

Susah tidur atau bangun terlalu cepat ya?, masak jam 3 sudah bangun. Sudah mencari tips tips agar cepat tidur di Google juga tidak manjur. Sekarang saya mau cerita nie, minggu minggu ini kan kuliah saya ada ujian UTS (ujian tengah semester) jadi saya sekarang jarang update postingan. Hari ini mumpung libur, saya sempatkan saja cerita cerita mengenai ujian kemarin. Dari 3 mata kuliah hanya 1 yang lancar ngerjakannya, bukan cuman saya yang bilang begitu tetapi 1 kelas. Lalu siapakah yang salah? dosen yang tidak bisa menjelaskan, ataukah mahasiswa yang terlalu bego hingga blank saat pegang soal. Dua duanya benar, dosen ITS yang bergelar profesor masak bego hingga tak mampu menyalurkan ilmunya kepada mahasiswa. Dan Mahasiswa ITS semua pinter lah (kecuali saya). Kalau menurut saya sih mereka berdua (Dosen dan Mahasiwa) kurang sehati saja, dosen membuat soal mengenai ini, tetapi mahasiswa belajar tentang itu, jadi tidak singkron. Kemungkinan kedua, Dosen waktu kuliah menjelaskan ini, tetapi saat ujian keluarnya di luar prediksi yang membahas masalah itu. Dan kemungkinan terakhir, bahwa Dosen menjelaskan semuanya dengan detail, tetapi mahasiswa terlalu sulit untuk membaca dan mendalami semua bab, akhirnya saat ujian sebenernya bisa mengerjakan tetapi lupa ada bab yang belum sempat di pelajari . 

Maka dari pada itu saya dapat sedikit menyimpulkan tips tips agar lulus dalam ujian :


1. Lihat apakah jenis ujian tersebut (kuis, UTS, UAS atau ujian yang lain)
Hal ini dilakukan agar kita tahu bobot dari nilai masing masing ujian tersebut, katakanllah apabila bobot paling tertinggi yaitu UAS, maka jangan sekali kali terjadi kesalahan saat UAS nanti. Contoh saja: Perut sakit saat UAS, belum makan, salah tempat ujian, salah jam ujian, atau yang paling parah tidak ikut ujian. Bukan berarti yang lain seperti kuis dan ujian kecil lainnya tidak berarti tetapi paling tidak kita ada point mementingkan bobot yang paling besar dahulu. Minimal sehari sebelum ujian kita tahu jam dan tempat ujiannya dimana.


2. Bahan apa saja yang akan di uji kan
Ini yang sering terjadi kesalahan para Mahasiswa ataupun orang orang yang lagi menjalani tes. Sebelum anda memulai kuliah pastilah dosen memberikan silabus kuliah, dari bab 1 sampai bab terakhir. Jangan meremehkan silabus ini, kalau bisa anda copy semua silabus dosen dari mata kuliah A-Z, fungsi dari silabus ini untuk mengetahui apa yang akan kita pelajari nanti. Banyak mahasiswa yang mengalir saja, dalam artian mereka kuliah ya rajin, tidak pernah terlambat semenitpun, waktu kuliah ya memperhatikan sungguh sungguh apa yang di berikan dosen. Tetapi mereka melakukan kesalahan yaitu tidak mempunyai silabus, ibarat orang lagi mendaki gunung ya tidak bawa peta, hasilnya ya mungkin bisa sampai puncak atau tersesat di tengah jalan.

3. Minimalisasikan yang anda pelajari.
Seperti kata pepatah, lebih cepat lebih baik maka dalam belajar ya menganut pepatah tersebut, dalam artian kita tidak perlu susah susah belajar lama dengan hasil 100%, tetapi dengan waktu singkat kita bisa mendapatkan 100% (hahahaha, sama saja). Maksudnya begini, efektifitas yang anda pelajari, sebagai contoh kemarin saat UTS dosen ada yang bilang "UTS nanti sampai bab yang saya jelaskan sekarang" tetapi ada juga yang bilang "nanti UTS nya dari bab 4-5 ya, soalnya bab 1-2 sudah kuis kemarin). Intinya ya mirip pada point 2 tadi, yaitu apa yang diujikan ya itu yang kita pelajari. Sehingga kita tidak buang buang waktu buat hal yang tidak di ujikan. Untuk hal ini kita harus menanyakan langsung kepada dosen, bab mana saja yang akan di ujikan.

4. Kumpulkan Soal Soal Tahun Kemarin.
Salah satu yang membuat nilai Metalurgi saya lumayan yaitu karena soal yang di ujikan sama dengan tahun kemarin, hehehehe. Kejadian ini tidak disengaja, sebelum ujian ada teman yang baca baca soal tahun kemarin tentunya komplit dengan penyelesainnya. Setelah 15 menit sebelum ujian saya pinjem dan baca baca soal tadi, memang nasib saya lagi mujur ternyata soal yang keluar ujian mirip dengan soal ujian tahun kemarin (cuman beda angka dan sedikit tambahan). Jadi belajar saya yang paling efektif yaitu saat 15 menit tadi, banyangkan jika saya sudah baca soal itu tadi malam, pastilah nilai saya bagus hahahahaha. Inti dari point ini yaitu kita sebaiknya bisa memprediksai jenis soal apa yang keluar nanti dari pengalaman kakak kakak senior kita, bisa lewat soal ujian, atau tanya langsung kepada yang bersangkutan.

5. Berdo'a dan Pasrah.
Pasrah bukan berarti putus asa, tetapi kita harus ingat yang mengatur semua ini, bukan rektor, pembantu rektor, ataupun dosen kita. Allah SWT lah yang mengatur kehidupan ini, maka sebaiknya kita juga memohon kepada-Nya. Kalau memang hasil kita nanti bagus, memang sudah ditakdirkan begitu. Tetapi kalau nanti jelek, ya sama memang sudah ditakdirkan begitu, dan semua pasti sudah ada tujuannya masing masing. Pasti dari suatu kejadian, cobaan, ataupun nasib kita, pasti dan yakinlah kalau semua sudah diatur dan pada akhirnya semua akan baik baik saja. Ambil dari segi positifnya, anda akan menyadari semua itu dalam 2-3 tahun mendatang, dan baru sadar ternyata yang terbaik buat saya memang jalannya kesini.

Udah dulu ya Sharingnya, kalau bermanfaat ya silahkan di ikuti, tetapi kalau sedikit ngawur ya tidak usah di gubris. Kalau mau baca baca masalah kuliah silihakan lihat di label KULIAH atau gunakan kotak search dibawah.

15 komentar:

  1. http://www.indyarocks.com/blogs/blog_visiterview_main.php?ouid=NjQ2NDcxNQ==

    BalasHapus
  2. makasih mas bro.

    dari pada cuman ninggal link.
    alangkah baiknya sedikit komentar..

    BalasHapus
  3. mkasih infonya,,lagi try out juga nih smp gue SMP N 1 Jeruklegi gitu...

    BalasHapus
  4. wokey mas arif, SMP jeruk legi??????

    BalasHapus
  5. Tips yang jelas dan terurut dengan logis. Insyaallah mujarab bagi para peserta UN maupun ujian sekolah.
    Salam sahabat, sukses dan makin berjaya Bro...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. lama nggak ada yang koment ini tulisan.
      hahahahah.

      makasih udah menghidupkan tulisan q yang udah lapuk.
      heheheheh.

      Hapus
  6. tips yang baik sekali, untuk kita semua... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak.

      di bikin puisi lah.
      sapa tau bisa bagus hasilnya?

      nanananananana

      Hapus
  7. Membaca ini .... membuat saya menyimpulkan, pasti nilai2 Rivai minimal B nih :)
    Tips2 itu kalo diikuti ... apalagi di ITS waduh pasti sukses deh ...

    Namanya mirip banget dengan nama adik ipar saya: Mohammad Rifai ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkwkwkwk.
      bisa aja mas bro..

      maksimal B iya, hahahaha.

      salam kenal aja mas bro,
      namanya mirip cuman beda M sama V doank.

      Hapus
  8. thanks, intinya adalah berusaha dan berdoa

    salam kenal

    BalasHapus
  9. Intinya terus berjuang dan berdoa ya....Tapi kadang2 udah berusaha malah nilainya tidak seperti yang diharapkan itu kenapa ya kira2? Apa terlalu kePDan um tapi ngga juga ah saya sadar diri kok, maklum bukan jenius yang gimana2 saya, kalo ngga belajar saya ngga bisa ...Jadi kalo mau harus belajar ...

    Saya perbaiki 1 mata kuliah seraya mengerjakan TA (Jurusan Arsitektur) jadi ya rada sempit2an gitu karena TA yang senin-jum'at masuk studio (09.00 - 16.00 Wib) udah mau mati, tapi harus berusaha lah demi satu kata LULUS!#curhat lagi T__T

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul disaat pengawas lemah musti menyempatkan lirik kanan kiri. nggak usah belajar mbak, nntar pinter loh :p

      lhoh? TA masuk studio? model yak? kalo curhat sms ajah mbak, ato YM, ato pesbuk, modus nih :D

      Hapus

Mohon tulis nama asli/panggilan/lapangan/panggung/pena etc.
No keyword, No spam, ataupun hal-hal yang jelas.

Terima kasih sudah comment.