10 Amalan yang disyariatkan pada Bulan Dzulhijjah. 10 Amalan yang disyariatkan pada Bulan Dzulhijjah. ~ Kempor.Com 10 Amalan yang disyariatkan pada Bulan Dzulhijjah.

Sabtu, 05 November 2011

amalan pada bulan dzulhijjah

Sebelum membahas tentang 10 hal yang sangat utama pada bulan DZULHIJJAH, sebaiknya anda menyimak beberapa hadist dibawah ini. Imam Ahmad, Rahimahullah, meriwayatkan dari Umar Radhiyallahu 'Anhuma, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

"Artinya : Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (DzulHijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid ".



Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, Rahimahullah, dari Ibnu 'Abbas Radhiyallahu 'Anhuma bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

"Artinya : Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan DzulHijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun".


Dari beberapa hadist di atas kita dapat memberkan garis bawah pada Hari hari pada bulan dzulhijah, yang dikatakan istimewa atau utama. Sebagai umat muslim sebaiknya kita harus melakukan hal hal yang utama dalam  hari hari tersebut seperti:
1.Melaksanakan Ibadah Haji Dan Umrah
Kalau haji semua sudah pastilah tahu, dan merupakan wajib bagi yang mampu.
2.Berpuasa Selama Hari-Hari Tersebut, Atau Pada Sebagiannya, Terutama Pada Hari Arafah
Berpuasa pada hari Arafah akan melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya apabila dilaksanakan karena mengharap pahala dari Allah.
3.Takbir Dan Dzikir Pada Hari-Hari Tersebut
Berdzikir merupakan amalan paling ringan dan mudah kita lakukan, kenapa anda tidak berdzikir hari ini?
4.Taubat Serta Meninggalkan Segala Maksiat Dan Dosa.
Sangat disayangkan sesudah melewati bulan ramadhan apabila anda belum bertobat (seperti saya), oleh karena itu hari hari ini merupakan waktu yang tepat karena akan mendapatkan ampunan dan rahmat
5.Banyak Beramal Shalih.
Pada hari itu banyak amalan yang dilipat gandakan pahalanya seperti shalat, sedekah, jihad, membaca Al-Qur'an, amar ma'ruf nahi munkar dan lain sebagainya. Pokokya obral besar besaran coy....

6.Disyariatkan Pada Hari-Hari Itu Takbir Muthlaq
Takbir Muthlaq dilakukan setiap selesai shalat fardhu yang dilaksanakan dengan berjama'ah ; bagi selain jama'ah haji dimulai dari sejak Zhuhur hari raya Qurban terus berlangsung hingga shalat Ashar pada hari Tasyriq
7.Berkurban Pada Hari Raya Qurban Dan Hari-Hari Tasyriq.
Semoga anda tahun ini bisa berkorban, walaupun seekor kambing itu sudah cukup :D
8.Dilarang Mencabut atau Memotong Rambut dan Kuku bagi orang yang hendak Berkurban.
Hal ini hanya dikhususkan pada orang yang berkurban, tudak termasuk anak dan istrinya.
9.Melaksanakan Shalat Iedul Adha Dan Mengengarkan Khutbahnya.
Tidak usah ditanyakan lagi, merupakan wajib jika kita seorang muslim untuk melaksanakan sholat Ied. Jangan jangan anda sholat hanya 2 kali setahun? hahahahaha.

10.Selain Hal-Hal Yang Telah Disebutkan Diatas.
Melakukan hal hal yang diperintahkanNya dan menjauhi hal hal yang menjad laranganNya, semoga nda manfaatkan hari hari itu dengan memperbanyak amal sholeh.
Itulah 10 keutamaan di bulan dzulhijah, referensi tulisan saya ambil dari almanhaj, semoga bermanfaat :D


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

4 comments:

  1. Huihihihi aku ra nglakoni kabeh~ :D :D

    BalasHapus
  2. parah kwe sit!!

    awas pintu neraka dan surga sangat dekat.

    hohohohoh.

    BalasHapus
  3. mampir ke blog saya ya http://kisahkisahislamiah.blogspot.com

    BalasHapus
  4. wokey, kapan kapan ya.
    lagi sibuk :p

    BalasHapus

Mohon tulis nama asli/panggilan/lapangan/panggung/pena etc.
No keyword, No spam, ataupun hal-hal yang jelas.

Terima kasih sudah comment.