Heat and Mass Transfer, Perpindahan panas secara konduksi Heat and Mass Transfer, Perpindahan panas secara konduksi ~ Kempor.Com Heat and Mass Transfer, Perpindahan panas secara konduksi

Sabtu, 29 Oktober 2011

pengertian konduksi


Dari postingan saya yang kemarin kemarin kok isinya membahas kuliah terus ya?, lha gimana lagi, lagi pusing soalnya. Biar kelihatan pinter, makanya sekarang saya bahas lagi tentang kuliah, hahahaha. Setelah membahas masalah balancing pada cranksaft dan refrijerasi, sekarang saatnya membahas masalah perpindahan panas. atau bahasa kerennya Heat and Mass trasfer. Inti dari praktikum ini adalah memperdalam pemahaman kita tentang apa itu konduksi, konveksi dan radiasi. Tetapi jangan samakan dengan pelajaran SMP, soalnya disini dibahas lebih dalam dan lebih detail. Tujuan lain yaitu agar kita bisa membandingkan pengaruh konduktivitas thermal terhadap Temperatur, selain itu masih banyak lagi tujuannya, tetapi saya males ngetiknya, hahahahaha. Yang akan saya bahas kali ini hanya masalah konduksi, soalnya yang ada gambarnya cuman konduksi.

Secara keseluruhan alat yang digunakan banyak dan saya kurang hafal, maka dari itu saya singkat saja inti dari percobaan ini, yaitu mengamati temperatur beberapa titik dari suatu benda, baik tembaga, allumunium, besi dan stainless steel. Dan kita menganalisanya, sehingga bisa ditemukan nilai dari konduktivitas thermalnya. Yang jadi pertanyaan saya sekarang begini, kenapa perlu diadakan analisa untuk mencari nilai konduktivitas thermalnya, padahal dibuku kan sudah ada? hehehehehe (cuman bercanda). Namanya juga praktikum, kalau membaca di buku kan namanya teori bro.
seperti biasanya, saya beri gambaran alat alatnya:

Nah yang letaknya di atas itu namanaya Heater, gunanya ya sama seperti heater yang lain yaitu untuk memanaskan bro. Setelah panas nanti baru di ukur di tiap titik nilai temperaturnya. Untuk menstabilkan temperatur , biasanya diberi aliran air lewat sebuah pompa di bawah alat ini.

konduktivitas thermal


Kalau di buka bentuknya kayak gini, didalamnya ada tumpukan logam, urut dari atas tadi, heater, tembaga. material yang di uji, tembaga, aliran air. Dan disampingnya dilengkapi sebuah isolator yang bisa dibuka tutup terbuat dari paralon dan dilapisin spon. Selain itu ada juga yang namanya thermo couple yang di pasang di tiap titik logam tadi, yang berfungsi sebagai sensor panas. Sehingga nanti bisa dilihat berapa suhu di tiap titik tersebut.

perpandingan konduktivitas thernal dan temperatur

Yang kotak putih itu fungsinya buat mengatur temperatur bro, kalau yang di bawah ini miliknya ITS dan yang atas tadi miliknya UGM. Jauh banget ya? Yang penting fungsinya sama bro. Dan ilmunya masuk, wkwkwkwkw. Sudah dulu ah ceritanya, mau nglanjutin nulis laporan.

perpindahan panas secara konduksi


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments:

Mohon tulis nama asli/panggilan/lapangan/panggung/pena etc.
No keyword, No spam, ataupun hal-hal yang jelas.

Terima kasih sudah comment.